by

303 Nakes Buru Mulai Divaksinasi

Ambon, BKA- Sebanyak 303 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Namlea, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru. Program vaksinasi untuk ratusan Nakes ini dimulai secara serentak di 4 puskesmas di kabupaten penghasil Minyak Kayu Putih ini.

Pantauan koran ini, untuk Puskesmas Namlea, orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac adalah kepala puskesmas (Kapus) Namlea, dr. Mega Wati Hatuwe, sekitar pukul 09.58 WIT. Pelaksanaan vaksin Covid-19 itu, tetap diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Kapus Namlea, Mega Wati Hatuwe mengaku, vaksinasi yang dilakukan merupakan yan pertama. Yakni jumlah keseluruhan tenaga kesehatan yang akan divaksin di Puskesmas Namlea sebanyak 303 orang.
“Dari 303 orang itu, dari Puskesmas Namlea sendiri ada 138 orang, Dinas Kesehatan ada 115 orang, dari Puskesmas Ilath itu ada 38 orang, dari TNI 3 orang tenaga kesehatannya, Polri 7 orang dan Kesehatan Karantina Pelabuhan (KKP) 2 orang. Jadi totalnya 303 orang tenaga kesehatan yang divaksin di puskesmas Namlea,” ujar Mega, kepada koran ini, Selasa (2/2).

Orang nomor satu di Puskesmas Namlea menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi di puskesmas Namlea akan berlangsung selama 10 hari. Dan setiap harinya 30 orang yang akan mendapatkan penyuntikan vaksin corona.

Dan ada dua sesi dalam satu hari, yakni sesi pertama pemberian vaksin itu dimulai dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIT. Kemudian istirahat dan dilanjutkan pukul 12.00 hingga 13.00 WIT.
“Kalau per hari itu kita bagi dua sesi, sesi pertama itu 15 orang dan sesi ke duanya 15 orang. Jadi satu hari itu rata-rata divaksinasi sekitar 30 orang. Dikaitkan dengan jumlah 303 orang tersebut berarti vaksinasi akan dilaksanakan di Puskesmas Namlea itu berlangsung selama 10 hari. Dari hari ini sampai 9 hari kedepan baru selesai,” ungkapnya.

Disinggung soal tenaga kesehatan Puskemas Ilath ikut bergabung di Puskesmas Namlea, Mega mengaku, karena pembagian dari Dinas Kesehatan Buru. “Kalau dilihat dari kondisi alam dan itu mungkin terkait jaringan. Di sana (Puskesmas Ilath) belum bisa langsung online, jadi dialihkan untuk ke Namlea,” tukasnya.

Sementara itu, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim menambahkan, hari pertama penyuntikan vaksin bagi tenaga kesehatan dilaksankan di empat puskesmas. “Iya, ada 4 puskesmas hari ini (kemarin). Ada di puskesmas Namlea, Sawa, Waplau dan puskesmas Air Buaya,” kunci Nani.

Sekedar tahu, ada 1.162 orang tenaga kesehatan akan divaksin Covid-19 di Kabupaten Buru, yang tersebar di puskesmas dan rumah sakit. Untuk Dinas Kesehatan Kebupaten Buru ada 115 orang, Rumah Sakit Umum Daerah Namlea 366 orang, Klinik Polres 7 orang, Puskesmas Namlea 136 orang, Puskesmas Sawa 69 orang.

Selanjutnya, Puskesmas Waplau 68 orang, Puskesmas Wamlana 60 orang, Puskesmas Air Buaya 63 orang, Puskesmas Savanajaya 64 orang, Puskesmas Mako 58 orang, Puskesmas Waelo 83 orang, Puskesmas Lolong Guba 42 orang, Puskesmas Kayeli 40 orang dan Puskesmas Ilath 38 orang. (MSR)

Comment