by

Polisi Kantongi Identitas Pelaku Penembakan di Sirisori

Ambon,BKA- Polsek Saparua setelah berupaya melakukan pengejaran dan penyelidikan intens, akhirnya menemukan jejak identitas nama pelaku penembakan yang menewaskan korban Jakob Tutuhatunewa di Negeri Sirisori Amalatu, Kecamatan Saparua Timur,Maluku Tengah.

Berdasarkan data awal, nama warga Sirisori berinisial DS mencuat setelah istri terduga pelaku yang sempat menghilang pasca kejadian penembakan memberanikan diri untuk memberikan keterangan dihadapan pihak kepolisian.

“Istri terduga pelaku DS ini sempat melarikan diri dari rumah, namun saat ini sudah ditemukan dan yang bersangkutan kooperatif memberikan keterangan bahwa suaminya (DS) memiliki dan menyimpan senjata Api,”beber Kapolsek Saparua,IPTU Roni Manawan yang dikonfirmasi Beritakota Ambon melalui selulernya, Selasa (20/4).
Menurutnya, dari keterangan istri terduga pelaku ini juga diperkuat dengan keterangan saksi lain terkait kepemilikan senpi.
Berdasarkan hasil penyelidikan berikut keterangan saksi saksi, tim kemudian bergerak melakukan pencarian dengan menyusuri hutan Sirisori yang diduga sebagai tempat persembunyian pelaku.
“Dalam pencarian dalam hutan tim menemukan jejak yang diduga jejak terduga pelaku, setiap walang (rumah hutan) tim susuri namun pelaku sampai saat ini belum berhasil ditemukan,” jelasnya.

Kapolsek meminta kesabaran masyarakat dan mempercayakan pihak kepolisian yang sampai saat ini masih melakukan pencarian.
“Sampai saat ini kita masih lakukan pencarian secara intens, untuk masyarakat juga awak media diminta bersabar dan percayakan pihak kepolisian, prinsipnya jika pelakunya ditemukan pasti akan kita ekspose secara terbuka,”tandasnya.
Sebelumnya diberitakan, nasib naas dialami Yakob Tutuhatunewa, warga Sirisori Amalatu, Kecamatan Saparua Timur.

Pria 69 Tahun ini tewas ditembak diduga menggunakam Senapan Angin kaliber besar tepatnya mengenai leher belakang kepala tembus ke sebelah kanan korban. Personel gabungan Polsek Saparua dibantu Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease sedang mencari jejak pelaku.

Peristiwa tragis ini terjadi, Minggu (18/4), sekitar pukul 12.20 WIT bertempat di Dusun belakang Kampung Negeri Sirisori Amalatu.
Informasi yang dihimpun Beritakota Ambon, peristiwa ini terjadi saat korban menuju hutan , tiba-tiba, dia di serang pelaku atau Orang Tak Dikenal (OTK) menggunakan senapan angin tersebut.

Warga yang melihat tubuh korban tergeletak, datang mengevakuasi korban ke rumah sakit RSUD Saparua untuk mendapatkan pertolong medis, hanya saja, nyawa korban sudah tak tertolong.

“Korban dilarikan ke rumah sakit RSUD Saparua dan dapat penanganan medis langsung dari Dr. Vita Nikijuluw, dari pemeriksaan medis dipastikan korban sudah meninggal dunia,” ungkap sumber di TKP.
Kabag Ops Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, AKP Teddy yang dikonfirmasi mengaku, untuk insiden di negeri Sirisori Amalatu, personel Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease sebanyak 60 orang lebih dikerahkan untuk membeckp-up Polsek Saparua untuk mencari pelaku.

“Ada 2 SST (Satuan Setingkat Peleton), yang kita kerahkan ke sana,” tandas mantan Kabag Ops Polres Aru ini.
Kapolresta Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Leo Surya Nugraha Simatupang mengatakan, kasus penembakan tersebut telah ditangan oleh Polsek Saparua, yang dibackup oleh personil Polresta Ambon.“Benar ada peristiswa penembakan salah satu warga Siri-sori Amalatu, YT alias Yaku, di hutan desa tersebut. Kasus ini sudah kita tangani,”ungkapnya, Minggu sore.

Simatupang menjelaskan, saat ini personil Polresta Ambon telah digeser ke Saparua, guna melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku.

“Kejadian ini masih kita usut dan sedang diselidiki untuk mengungkap pelaku penembakan. Personil sudah kita geser ke Polsek Saparua, untuk backup Polsek Saparua,”tukasnya.(SAD)

Comment