by

4 Terdakwa Jambret Naik Kursi Pesakitan

Ambon, BKA- Empat terdakwa yang tergabung dalam kelompok jambret resmi di adili di Pengadilan Negeri Ambon, Selasa (15/9).

Empat terdakwa ini masing-masing Brury Alexander Patty (29) terdakwa I, Johanes Corneles Huwae (26) (Terdakwa II), Lorenzio Y. Kaya (18) (Terdakwa III) dan Yosias Beinussa Louhanapessy (19) (Terdakwa IV).

Jakasa Penuntut Umum (JPU) Kejari Ambon, Elsye B Leonupun dalam dakwaannya menyebutkan,empat pemuda yang berasal dari Desa Alang, Kecamatan Leihitu Barat, Malteng ini, melakukan tindak pidana tepatnya pada Minggu 1 Maret 2020, sekitar pukul 21.30 WIT, di atas jalan umum Desa Lata, persis di depan Apotik, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Saat itu terdakwa I dan II melintasi areal tersebut dengan sepeda motor sambil berjalan mendekati sepeda motor milik korban Beatrix Novita Polyn yang sedang berboncengan bersama suaminya. Kondisi sepeda motor korban dari arah belakang, tiba-tiba melewati samping terdakwa I dan II yang sudah melihat korban bersama suaminya dari arah belakang. Tidak menunggu lama, terdakwa II mengambil dompet milik korban kemudian berlari ke arah Kota Ambon. di dalam dompet korban berisi satu buah dompet kecil warna hijau, uang tunai sebesar Rp.3.300.000, surat gadai, surat angsuran sinar mas, KTP, HP Vivo dan barang berharga lainnya dibawa lari terdakwa.

Bahwa akibat perbuatan para terdakwa, korban mengalami kerugian mencapai Rp.5 juta lebih.
“Para terdakwa didakwa melanggar pasal, 365 ayat 2 ke 1e dank e 2e, jo pasal 65 ayat (1) KUHPidana,” ungkap JPU dalam sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Lucky R Kalalo Cs, sedangkan terdakwa didampingi PH, Ronald Salawane.

Setelah mendengarkan dakwaan JPU, hakim menunda sidang hingga pekan depan untuk agenda pemeriksaan saksi-saksi.(SAD)

Comment