by

4000 Sertipikat Untuk SBT

Ambon, BKA- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) akan menerbitkan 4000 sertipikat tanah gratis, bagi warga Kecamatan Bula.

Rencana penerbitan 4000 sertipikat tanah gratis bagi warga Kecamatan Bula, Kabupaten SBT, di tahun 2021 ini disampaikan oleh Camat Bula, Hadi Rumbalifar, Rabu (3/2).

Menurutnya, rencana itu merupakan bagian dari program BPN Pusat yang ditindaklanjuti oleh BPN SBT. “Selaku kepala wilayah, saya menyampaikan banyak terimakasih atas upaya Kepala Pertanahan SBT. Yang sudah menghadirkan 4000 sertifikat tanah gratis untuk masyarakat saya,” kata Hadi.

Pemberian 4000 sertipikat tanah gratis itu, katanya, akan sangat membantu masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan.

Karena dengan sertipikat itu, katanya, dapat dijadikan modal usaha baru masyarakat. “ini juga bisa membantu memulihkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, masyarakat telah melakukan pembersihan lahan. Mulai dari Desa Sesar, Desa Kampung Gorom, Desa Englas dan beberapa desa lainnya. “Dan insya Allah, minggu depan kita sudah buka di Desa Bula Air, Desa Salas dan Desa Fattolo. Jadi 4000 sertifikat ini akan diambil tahun 2021 ini,” katanya.

Kalau Kecamatan Bula tidak dapat memenuhi kuota 4000 sertipikat tanah gratis itu, lanjutnya, maka akan dibagikan ke kecamatan lainnya di Kabupaten SBT, agar dapat memenuhi kuota yang diberikan.

“Tapi teknisinya akan diatur oleh Badan Pertanahan SBT,” katanya.

Dia berharap, program tersebut tidak hanya dilakukan pada 2021 ini. Sehingga dia akan melakukan koordinasi lagi, agar dapat diprogramkan pada 2022 mendatang.

“Karena memang masih banyak lahan warga di Kecamatan Bula yang sampai sekarang belum memiliki sertipikat tanah,” pungkasnya.(Sof)

Comment