by

41 Tenaga IT Ikut Seleksi Tahap I

Ambon, BKA- Sebanyak 41 orang tenaga Informasi Teknologi (IT) sementara mengikuti seleksi tenaga IT tahap I, yang dibuka Pemerintah Kota Ambon saat ini. Seleksi tersebut untuk menjawab kekurangan tenaga IT pada Dinas Kominfo dan Persandingan Kota Ambon.

“Hari ini (kemarin) dilakukan seleksi bagi tenaga IT dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga IT pada pemerintah kota, terutama pada Dinas Kominfo Kota Ambon,” ungkap, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Ambon, Benny Sellano, kepada wartawan, Selasa (6/4).

Menurutnya, dari 41 peserta dimaksud, hanya dibutuhkan 20 orang untuk mengisi kekurangan tenaga IT di dinas terkait. “Ada 41 orang yang mengikuti seleksi, untuk mendapatkan 20 orang yang dibutuhkan oleh Dinas Kominfo Kota Ambon,” imbuhnya.

Dijelaskan, jika sudah ada yang terpilih, maka mereka akan menjalankan tugas-tugas pemerintah kota terkait pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. “Oleh karena itu semua yang dilakukan ini untuk menghindari image masyarakat, bahwa pengangkatan kontrak pada pemerintah kota Ambon tidak asal jadi. Kita lakukan secara terbuka,” tandasnya.

Mereka yang lolos seleksi, terang Benny, sudah jelas memiliki kemampuan dalam menjalankan tugas sebagai tenaga IT. Untuk itu, jangan menilai Pemkot Ambon sembarangan dalam memilih peserta seleksi.

“Kita lakukan secara terbuka, dengan maksud supaya menghilangkan image tadi. Dan kemudian yang terutama mendapatkan tenaga-tenaga IT yang memang profesional, yang memiliki kemampuan pendidikan, yang memiliki kemampuan kerja dan memiliki wawasan yang luas. Untuk pengembangan Dinas Koninfo Kota Ambon, dalam rangka pelayanan pembangunan kepada masyarakat,” ucap dia.
Diakuinya, seleksi ini tentunya melibatkan kepegawaian sebagai penanggung jawab dalam rangka rekruitmen pada Dinas Kominfo dan Persandingan Kota Ambon sebagai pelaksana teknis, mulai dari seleksi administrasi.

“Itu melibatkan kedua belak pihak sampai pada pelaksanaan tes. Yang perlu diketahui masyarakat, bahwa seluruh soal yang diuji hari ini (kemarin) itu berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM). Kita melakukan koordinasi kesana, dan seluruh hasil ini akan kita kirimkan kembali untuk diperiksa disana (UGM). Sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan kebutuhan,” harapnya.
Selesai seleksi tahap pertama ini, lanjut dia, ada seleksi tahap II tentang disiplin dan mentalitas, serta performance dari tenaga-tenaga IT yang telah lulus seleksi tahap pertama itu.

“Kita buka pendaftaran secara terbuka, oleh karena itu mereka yang mendaftar juga mendaftar online,” kunci Benny. (IAN)

Comment