by

42 Atlet Maluku Siap Berlaga di PON XX Papua

beritakotaambon.com – Gubernur Maluku, Murad Ismail secara virtual, resmi melepas 42 atlet mewakili Maluku untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Pelepasan para atlet ini berlangsung di lantai VII Kantor Gubernur, turut dihadiri Wakil Gubernur, Barnabas Nathaniel Orno, Plh Sekda Sadali Ie, Kadispora Maluku Sandi Wattimena, Ketua KONI Maluku Tony Pariela, serta para pelatih dan atlet, Sabtu(4/9).

Dari 30 cabang olaharaga (cabor), puluhan atlet yang dikirim ini untuk mengikuti 14 cabor pada PON XX Papua yang akan berlangsung tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021.

“Saya lepaskan kontingen Maluku menuju PON 20 Tahun 2021 di Papua secara resmi. Kalian dipercayakan memikul beban dan tanggung jawab mengharumkan nama Maluku,” tandas Murad, melalui Zoom.

Dirinya menghimbau, agar para atlet terus berlatih dan memaksimalkan waktu yang ada, untuk meningkatkan kemampuan. Sehingga ketika tiba waktu bertanding, para atlet dapat memberikan hasil maksimal.

“Event ini tidak hanya tentang beradu skill suatu cabor. Namun juga tentang berbagi pengalaman antar atlet saat berjumpa sebelum atau sesudah laga. Mengingat, kontingen yang berlaga berasal dari seluruh daerah di Indonesia,” jelasnya.

Baca juga: Angkot Diatas 20 Tahun Dilarang Beroperasi di Ambon

Dia berpesan, agar kontingen Maluku selalu bersikap sopan antar sesama atlet atau official dari provinsi lain, saat laga berlangsung maupun di luar pertandingan. Sikap tersebut agar tidak memberikan kesan negatif terhadap sesama atlet ataupun pihak lainnya selama berlangsungnya event.

“Ini sangat penting bagi saya, karena ini ajang yang strategis. Dan momentum ini adalah perjumpaan antar anak bangsa berbagai pengalaman. Dan saudara adalah putra-putri terbaik yang terpilih berlaga di PON Papua,” pesanya.

Mantan Dankakor Brimob ini juga berpesan, agar kualitas yang dimiliki para atlet Maluku tidak di sia-siakan. Melainkan semangat berlatih, berdoa dan memberikan kebanggaan bagi Maluku.

“Perjuangkan terus dengan penuh perjuangan dan percaya diri, agar perjuangan dan kerja keras selama ini dapat meraih kesuksesan,” tambahnya.

Ia meminta, para pelatih dan seluruh pihak yang terlibat dalam event ini, tidak mengabaikan hak-hak para atlet, seperti kesehatan. Sebab kesehatan para atlet, merupakan salah satu aspek prioritas yang perlu dijaga.

Baca juga:
Harus Ada Pilot Project Sekolah BTM

“Di sisi lain, tugas-tugas pelatih sebaiknya dapat dilakukan dengan baik. Tegur dan latihlah para atlet dengan penuh kasih saying, agar mereka bisa merasakan arti pembinaan. Sebab dengan cara seperti ini, saya yakin, atlet berprestasi yang memiliki mental kuat dapat dibentuk. Tujuannya, demi masa depan dan mengharumkan nama Maluku,” tutup Murad. (MG-2)

Comment