by

47 Lansia Batu Merah Berhasil Divaksin

Ambon, BKA- Dari total 62 lanjut usia (lansia) yang terdaftar pada Puskesmas Rijali Batumerah untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19, hanya 47 lansia yang berhasil di vaksin. Sementara 15 lansia lainnya, dua diantaranya batal divaksin dan 14 lainnya ditunda.

Penjabat Negeri Batumerah, Idrus Buamona mengatakan, program vaksin Covid-19 dilakukan mulai tanggal 3-5 Maret 2021. Dimana lokasi vaksinasi bagi lansia yang bermukim di wilayah Negeri Batumerah di pusatkan di puskesmas Rijali dan puskesmas Air Besar (Arbes).

“Jadi vaksin itu dijadwalkan tiga hari mulai 3 hingga 5 maret di beberapa titik yang sudah ditentukan. Itu ditangani puskesmas bertugas. Ada puskesmas Rijali dan puskesmas Arbes,” terang Buamona, saat ditemui koran ini, Kamis (4/3).

Menurut dia, sebelum penyuntikan vaksin diberikan, ada pemeriksaan yang dilakukan. Sehingga tidak semua lansia bisa divaksin. Dimana lansia yang memiliki penyakit bawaan, tidak diperbolehkan untuk mendapat penyuntikan vaksin.

“Pihak puskesmas sampaikan ada beberapa tahapan yang dilakukan sebelum penyuntikan vaksin. Mulai dari pendaftaran, setelah itu pemeriksaan kesehatan. Jika tidak ada riwayat penyakit bawaan baru disuntik vaksin. Dengan begitu, ada beberapa yang tidak divaksin karena adanya penyakit bawaan,” terang dia.

Buamona juga mengakui, ada sebagian lansia yang menolak untuk divaksin. Untuk itu, Pemerintah Negeri Batumerah akan terus melakukan sosialisasi kepada warganya. Sehingga warga dapat memahami tujuan dari pemberian vaksin Covid-19.

“Tentu ada beberapa yang menolak untuk ikut divaksin. Kita tidak bisa memaksa warga untuk mau divaksin. Upaya yang dapat kami lakukan yaitu terus melakukan sosialisasi. Dengan begitu warga bisa paham apa itu vaksin dan kegunaanya,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment