by

50 Juta Dana MTQ “Menguap”

AMBON-BKA, Anggaran Rp 50 juta untuk memperindah lokasi perlombaan Musabaqa Talawatil Quran (MTQ) ke XXIX tingkat Provinsi Maluku di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), menguap.

Anggaran itu diserahkan ke Dinas Pertanian KKT untuk pengadaan rumput turf, untuk ditanam Lapangan Mandriak Saumlaki.

Baca:Pemanggilan 17 Aleg KKT Dijadwal Ulang

Kepala Dinas Pertanian KKT, Jemmy Watumlawar, mengungkapkan, total anggaran untuk memperindah Lapangan Mandriak Saumlaki dengan rumput turf sebesar Rp 200 juta.

Rp 50 juta, katanya, digunakan untuk pembelian bibit rumput turf. Sisanya digunakan untuk anggaran penyemaian, penanaman hingga perawatan.

Menurut Watumlawar, anggaran Rp 50 juta telah dipergunakan untuk membeli bibit rumput turf sebanyak 30 kilogram. Namun saat proses penyemaian dilakukan, semua bibit tersebut mati.

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya mengambil bibit rumput Desa Manglusi dan Kilon, untuk kemudian disemaikan dan ditanam di Lapangan Mandriak Saumlaki.

“Kami sudah belanja sekitar 30 kg senilai 50 jutaan. Bibit yang ada sudah kami semaikan di depan kantor, namun mati. Sehingga kami ambil dari masyarakat. Untuk di Desa Kilon, rumputnya tumbuh di pasir, sehingga hasilnya mengecewakan. Jadi kami ambil lagi dari Desa Manglusi, karena tumbuh di tanah dan biayannya juga murah,” ujarnya, Senin (26/7).

Untuk pengadaan rumput yang bibitnya bersal Desa Kilon dan Manglusi, Dinas Pertanian KKT menggunakan hutang pihak ketiga sebesar Rp 45 jutaan.

“Bibit yang kami ambil dari dua desa itu, pakai dana pihak ketiga,” ungkap Watumlawar.

Anehnya, Kadis Pertanian KKT itu ingin agar anggaran Rp 200 juta tersebut kembali dibahas pada APBD Perubahan. Padahal sebelumnya mereka telah menerima dan mengelola anggaran Rp 200 juta tersebut.(BTA)

Comment