by

51 WBP Terima Dokumen Identitas

TANIMBAR-BKA, Bupati Kepulauan Tanimbar (KKT), Petrus Fatlolon, menyerahkan dokumen identitas kepada 51 Warga Binaan Pemasyarakatn (WBP) Lapas Kelas III Saumlaki, Jumat (6/8).

Penyerahan dokumen idntitas bagi WBP, sebagai tindak lanjut kerjasama antara Lapas Kelas III Saumlaki dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukdiscapil) KKT.

Penyerahan dokumen identitas tersebut diserahkan Fatlolon, saat mengunjungi Lapas tersebut bersama Kadis Dukdicapil KKT, J. Sumanik, Kadis Sosial, H. Lokra, staf ahli Bupati.

Bukan hanya menyerahkan dokumen identitas, Fatlolon juga menyerahkan bantuan beras kepada WBP, pada kunjungan itu.

“Kunjungan saya untuk menemui WBP Lapas Kelas III Saumlaki, merupakan tindak lanjut dari hasil koordinasi antara dinas terkait dengan Kepala Lapas. Tujuannya, menyerahkan dokumen kependudukan berupa 27 Kartu Tanda Penduduk (KTP), 2 Kartu Keluarga (KK), dan 22 Akte Kelahiran, kepada peserta binaan Lapas. Selain itu, bantuan lima puluh paket beras diberikan kepada yang benar-benar membutuhkan. Dan diutamakan warga binaan Lapas yang sudah berkeluarga,” ungkap Fatlolon.

Meskipun penerima masih berada dalam masa binaan Lapas, kata Fatlolon, namun hak-hak kependudukan mereka sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) tetap melekat. Sehingga telah menjadi kewajiban pemerintah untuk menyerahkan hak-hak kependudukan mereka.

Selain itu, Fatlolon juga mengecek latar belakang para penghuni Lapas. Dengan data tersebut, kedepan akan dikolaborasi program-program dalam rangka pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Tujuannya, agar kasus-kasus yang menonjol di Tanimbar, dapat ditekan melalui program pembinaan dan sosialisasi, yang nantinya melibatkan SKPD terkait, Lapas dan Dinas serta Instansi vertikal lainnya.

Baca juga: Bakti Jelang 17 Agustus Tetap Utamakan Prokes

Selain itu, kata Fatlolon, Pemkab Kepulauan Tanimbar mengucapkan terima kasih kepada Kemenkumham RI, karena telah menaikan status Rumah Tahanan (Rutan) menjadi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III.

Peningkatan status tersebut, terangnya, membawa manfaat besar dalam hal pelayanan dan juga fasilitas pembinaan masyarakat Tanimbar.

“Sacara pribadi dan Pemda KKT mau bilang terima kasih kepada Kepala Lapas, yang sudah berupaya keras di Kementrian Hukum dan HAM, sehingga Rutan bisah naik satatus ke Lapas kelas III,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Disdukcapil KKT, J Sumanik, mengatakan, permintaan Kepala Lapas agar Disdukcapil menyediakan dokumen para napi, telah dilakukan.

“Kami melayani para napi pada tanggal 15 Juli kemarin. Puji Tuhan, hari ini dapat diserahkan langsung oleh pa bupati, dengan jumlah dokumen sebanyak 51 dokumen,” jelas Sumanik.

Ia berharap, semua dokumen yang sudah diserahkan dapat mempermudah para napi dan keluarganya, untuk melakukan berbagai pengurusan.(BTA)

Baca juga: Satu Gedung Pasar Kembali Dibangun Pemda KKT

Comment