by

587 Rumah di Pasir Putih Belum Dialiri Listrik

BURU-BKA, Sebanyak 587 rumah dari 617 kepala keluarga (KK) di Desa Pasir Putih, Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan, sampai sekarang belum dialiri listrik. Padahal telah dua tahun, sejak 2019, tiang listrik didirikan sepanjang desa itu.

Semua tiang listrik di Desa Pasir Putih itu didirikan oleh PLN Ranting Air Buaya, Rayon Namlea.

Camat Kepala Madan, Masri Mamulati, mengaku, prihatin dengan kondisi Desa Pasir Putih. Sebab di Kecamatan Kepala madan, hanya desa itu yang belum dialiri listrik.

Baca juga:
Desa Kaki Air Akan Dialiri Listrik

“Jangan sampai mereka menganggap, bahwa PLN memarginalkan mereka. Karena di Kecamatan Kepala Madan dari 16 desa, dan 15 desa alhamdulillah sudah dialiri oleh PLN. Tinggal Desa Pasir Putih yang belum. Jadi diminta perhatian khusus dari pihak PLN,” kata Masri, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (4/8).

Untuk itu, keluhan masyarakat Desa Pasir Putih arus dijawab oleh pihak PLN, sesuai program Indonesia terang dan membangun Indonesia dari pinggiran.

Camat Kepala Madan – Masri Mamulati

Apalagi desa itu, katanya, merupakan desa kepulauan. Sehingga mestinya mereka mendapat perhatian khusus dari pihak PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

“Ditinjau dari sisi penghasilan, Desa Pasir Putih rata-rata mayoritas masyarakat 90 persen itu mencari nafkah melalui perikanan. Disitu berarti mereka membutuhkan es, sementara es membutuhkan yang namanya penerangan (aliran listrik). Jadi harus ada perhatian khusus dari pihak PLN, supaya masyarakat di Kecamatan Kepala Madan, khususnya Desa Pasir Putih tidak resah dengan keadaan ini,” ungkapnya.

Selain itu, Masri meminta seluruh anggota DPRD Kabupaten Buru Selatan dari Dapil Kecamatan Kepala Madan, khususnya dua wakil rakyat asal Desa Pasir Putih, harus membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi masyarakat.

Baca juga: Layanan Taspen Ambon Beralih ke Online

“Diminta juga kepada dua DPRD asal Desa Pasir Putih, yaitu, La Ode Ariudin dan La Hamidi (Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Buru Selatan), agar bisa berpartisipasi untuk membantu proses PLN di Desa Pasir Putih, terkait komunikasi dengan pihak PLN,” pungkasnya. (MSR)

Comment