by

60 Kelompok Korban Gempa Dapat Bantuan

Ambon, BKA- Sebagian rumah terdampak bencana gempa bumi tahun 2019, baik rusak berat maupun ringan telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon.

Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paays, kepada wartawan, Sabtu (2/1). Diakuinya, kurang lebih 700 KK yang tergabung dalam 60 kelompok penerima bantuan terdampak gempa, telah menerima bantuan yang ditransfer ke rekening kelompok.

Bahkan, lanjut Demmy, sebagian rumah warga korban gempa sementara dibangun, da nada yang telah selesai. Sementara untuk proses pembangunan rumah rusak berat, didahulukan dengan pembongkaran untuk kemudian dibangun ulang.

“Masing-masing yaitu 60 kelompok yang kita sudah salurkan. Sementara ini kan mereka sudah bekerja untuk pembangunan rumah ya. Jadi rumah rusak berat, sedang, ringan itu sudah ada yang sudah selesai. Ya kita harapkan itu, ya mudah-mudahan bisa selesai,” pinta Demmy.

Dikatakan, proses pembangunan rumah rusak berat diperkirakan agak sedikit lama. Sebab, rumah tersebut harus dibongkar terlebih dulu, baru dibangun kembali. Sedangkan untuk bantuan pembangunan rumah secara mandiri, pihaknya sudah mulai menyalurkan dananya.

“Rumah rusak berat itu kan, semua rumah itu kan total dibongkar, diperbaiki baru jadi tuh. Itu waktu yang cukup lama. Sedangkan rumah bantuan secara mandiri yang masyarakat sudah membangun secara mandiri, itu kita sudah mulai menyalurkan bantuan kepada mereka yang sudah membangun secara mandiri,” tuturnya.

Dia mengaku, pada Kamis 31 Desember 2020 kemarin, pihaknya berencana melakukan pencairan dana bagi masyarakat yang ingin bangun rumah secara mandiri. Dan semuanya tergantung dari tim teknis di lapangan.

“Nanti akan ada lagi, karena itu tergantung kepada kita punya tim teknis yang melakukan penilaian di lapangan. Nah ini, karena teman-teman kemarin dari dinas PUPR yang mengalami isolasi sehingga mereka tidak bisa melaksanakan tugas itu di lapangan. Nah kali ini sudah selesai, tim itu terdiri dari PUPR,” jelasnya.

Menurutnya, pencarian dana bagi warga yang terdampak gempa bumi tersebut, sudah masuk ke tahap kedua pencairan dana bantuan gempa. (BKA-1)

Comment