by

60 Nakes Buru Siap Pelatihan Vaksinasi

Ambon, BKA- Demi menjalankan tugas vaksinasi Covid-19 nantinya, sebanyak 60 tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Buru akan mengikuti pelatihan pemberian vaksinasi Covid-19 pekan depan. Hal ini disampaikan Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim kepada koran ini, Senin (19/1).

Dikatakan, tenaga kesehatan yang bertugas memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat yang akan dilakukan secara bertahap itu, bakal mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Dimana 60 tenaga medis dimaksud akan mengikuti pelatihan vaksinasi Covid-19 secara online.

“Ada 60 orang. Ini yang dari Buru saja 60 orang, belum dilatih. Yang 60 orang mungking minggu-minggu depan baru dilatih. Mereka akan mengikuti pelatihan secara virtual,” sebut Nani.

Dijelaskan, kouta 60 orang dari Kabupaten Buru itu diambil dari Nakes yang berada pada puskesmas dan rumah sakit.
“Dari puskesmas 5 orang dan dari rumah sakit 10 orang, kan ada 10 kecamatan di Kabupaten Buru. Jadi satu kecamatan itu 5 orang, jadi 50 orang tambah rumah sakit 10 orang, jadinya kan 60 orang,” ujarnya.

Dan untuk sementara, lanjut dia, baru 60 nakes yang diminta untuk mengikuti pelatihan tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan, akan ada gelombang selanjutnya. Sehingga diharapkan, sesuai mengikuti pelatihan tersebut telah dilaksanakan, maka tenaga kesehatan itu sudah bisa terampil dalam melakukan vaksinasi terhadap masyarakat.

“Untuk angkatan ini 60 orang, kita belum tahu mungking akan ada angkatan-angkatan berikutnya. Karena yang baru diminta untuk daftar itu 60 orang. Iya, ini untuk vaksinasi pertama, tapi kan nanti berlanjut terus, karena kalau sudah dilatih kan pasti sudah terampil untuk melakukan vaksinasi,” bebernya.
Setelah mengikuti pelatihan tersebut, lanjut dia, para nakes dapat melaksanakan vaksin dengan baik agar dapat menekan penyebaran Covid-19. Karena di tahun 2020 lalu, sudah ada 13 orang yang telah mengikuti pelatihan vaksinasi terlebih dahulu.

“Jadi yang 60 orang ini siap melayani vaksinasi. Tapi di tahun 2020 kemarin itu ada 13 orang juga sudah dilatih,” kunci Nani. (MSR)

Comment