by

60 Persen Kondisi Jalan di Wakatobi Memprihatinkan

Ambon, BKA- Pekerjaan berat menanti pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Wakatobi. Dari total jalan kabupaten sepanjang 492,77 kilometer, baru 40 persen lebih masuk kategori kondisi baik dan sedang atau mantap.

Selebihnya, masih kategori rusak sedang hingga berat. Dari bentangan jalan kabupaten tersebut, terbagi pada beberapa pulau. Di Pulau Wangi-wangi sepanjang 198,985 kilometer, Kaledupa ada 89,845 kilometer, Pulau Tomia sepanjang 127,226 kilometer dan di Pulau Binongko 75,221 kilometer.

Kepala Dinas PUPR Wakatobi, Kamarudin menjelaskan untuk presentase di Pulau Binongko, kondisi baiknya baru 7,10 persen. Sementara kondisi sedang sebesar 32,34 persen.

“Baru lebih 41 persen yang kondisi mantap di Binongko. Ini memang masih pekerjaan berat buat kita,” akunya, kemarin.

Kendati demikian, pada tahun 2021 ini Pulau Binongko juga mendapatkan porsi anggaran melalui alokasi dana khusus (DAK) sebesar Rp 4 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 3 kilometer.

“Tahun ini untuk DAK fokus di Kaledupa dan Binongko serta satu kewajiban kita di Pulau Wangi-Wangi. Binongko titik kegiatannya di Bante menuju Desa Palahidu Barat sekitar 3 kilometer. Diupayakan pekerjannya selesai juga tahun ini,” janjinya.

Dari total panjang jalan kabupaten, baru Pulau Wangi-Wangi yang kondisi mantapnya melebihi 50 persen. Sementara tiga pulau lainnya baru lebih 40 persen. Untuk Pulau Tomia, ada kegiatan program hibah jalan daerah (PHJD) dan dana alokasi umum siap direalisasikan pada tahun 2021 ini. (NET)

Comment