by

65 Lansia Desa Wayame Berhasil Divaksin

Ambon, BKA- Dari 72 warga lanjut usia (lansia) yang terdaftar mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Pemerintah Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, sebanyak 65 lansia berhasil divaksin. Sementara 5 lansia lainnya di tunda, dan 2 lansia batal divaksin karena memiliki penyakit bawaan.

“Yang terdaftar itu sebanyak 72 lansia. Ini untuk hari pertama. Berhasil divaksinasi 65 orang, 5 ditunda karena memiliki penyakit bawaan, yang harus ada keterangan dokter bisa atau tidaknya divaksinasi. Dan 2 orang batal karena memiliki penyakit jantung dengan keluhan sesak napas dan kelelahan,” ungkap Kepala Penjabat Desa Wayame, N. A. La Saleman, melalui rilisnya kepada koran ini, Jumat (12/3)

Program vaksinasi yang dipusatkan di kantor Desa Nania, itu dimulai tepat pukul 10.00 WIT. Warga yang akan divaksin, menjalani proses skrining terlebih dahulu. Untuk mengetahui tekanan darah dan penyakit-penyakit bawaan yang diderita.

Dikatakan, lansia yang sudah diskrining kemudian diarahkan ke pihak vaksinator untuk dilakukan penyuntikan vaksin. Vaksin yang diberikan kepada lansia, merupakan vaksin jenis Sinovac, yang semula diberikan kepada para medis dan pemerintah.

“Ini vaksinnya sama yaitu Sinovac. Nantinya diberikan sebanyak 2 dosis. Hari ini dosis pertama sudah dilakukan. Tinggal dosis ke dua yang nantinya diberikan setelah 28 hari pemberian dosis pertama,” terangnya.

Ia berharap, dalam pemberian vaksin dosis ke dua nanti di bulan depan, warga lansia yang ada di Desa Wayame bisa mengikutinya dengan baik. Guna mengurangi resiko dampak Covid-19.

“Kalau untuk dosis pertama 72 lansia, mungkin untuk dosis ke dua bisa lebih lagi. Semua lansia bisa hadir. Karena Vaksin ini fungsinya sangat baik sekali, untuk mengurangi resiko dampak Covid-19,” pungkasnya. (BKA-2)

Comment