by

65 Persen DD Batu Merah Direfokusing

Ambon, BKA- Sebanyak 65 persen Dana Desa (DD), desa Batu Merah, kecamatan Sirimau direfokusing atau dialihkan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, ada perubahan terhadap Anggaran Pembangunan Desa (APBdes). Hal ini disebabkan adanya pandemi Covid-19 sehingga semua dana dialihakan.


“Untuk refokusing anggaran sama seperti desa yang lain. Ada mengalami perubahan APBDes. Semua dana yang direfokusing atau dialihkan bertujuan untuk penanganan Covid-19 dan juga bantuan warga terdampak pandemi,” pungkas M Arlis Lisaholet sekertaris desa Batu Merah.

Diakui bahwa sebanyak 65 persen Dana Desa (DD) dialokasikan untuk penanganan Covid-19 dan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT). Sedangkan untuk Alokasi Dana Desa (ADD) direfokusing sebanyang 35 persen.

“Jadi sebanyak 65 persen DD dari total pagu anggaran dialokasikan untuk penanganan Covid-19 dan pemberian BLT. Selain itu sebanyak 35 persen dari ADD juga dipangkas untuk BLT,” tambahnya.

Semua dana yang direfokusing digunakan antara lain untuk pengadaan masker, tempat cuci tangan, dan desinfektan. Selain itu juga dibentuk tim relawan Covid-19 desa Batu Merah yang terdiri atas RT/RW, babinsa, babhinkatibmas dan lain sebagainya.

“Dana yang direfokusing digunakan untuk pengadaan masker, tempat cuci tangan, desinfektan dan juga untuk tim penyemprot desinfektan. Kami juga membentuk tim relawan Covid-19 desa Batu Merah. Terdiri dari RT/RW, babinsa, babhinkatibmas, PKK dan lain sebagainya,” tutup Lisaholet. (MG-1)

Comment