by

66 Lansia dan Pelayanan Publik Divaksin

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru telah melaksanakan program vaksinasi tahap dua, bagi warga lanjut usia (lansia) dan pelayanan publik di kabupaten tersebut. Penyuntikan vaksin Covid-19 itu, berlangsung di Puskesmas Namlea, Kabupaten Buru, sejak Senin (8/10) lalu.

Vaksinasi bagi pelayan publik sendiri, merupakan tahapan kedua program vaksinasi massal nasional, setelah tahapan pertama vaksinasi dilakukan bagi sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan.

Tahapan kedua vaksinasi ini telah dimulai tanggal 8 Maret kemarin. Dan direncanakan, bulan April 2021 nanti, penyuntikan vaksin Sinovac selesai kepada lansia dan pelayanan publik di kabupaten bertajuk Rete Mena Bara Sehe ini.

Jubir Satgas Penanggulangan Covid 19, Kabupaten Buru, Nani Rahim mengatakan vaksinasi kepada lansia dan pelayanan publik di Buru sudah dimulai dari 8 Maret 2021. Yakni untuk lansia totalnya sudah 66 orang yang disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama.

“Sudah mulai sejak hari Senin kemarin dan sampai hari ini (Kamis kemarin) yang lansia sudah 40 orang, kalau pelayanan publik sudah 26 orang,” tutur Nani, kepada koran ini, Kamis (11/3).

Sementara untuk kuota lansia dan pelayanan publik, sambung dia, pihaknya belum tahu berapa jumlah yang diberikan. Karena pihaknya masih melakukan proses pendataan.
“Belum tahu, ini sementara lagi mendata dan terus berjalan vaksinasi terhadap lansia dan pelayanan publik sampai 2022 mendatang,” terangnya.

Menurut dia, sebenarnya seluruh masyarakat diharuskan disuntik vaksin Covid-19. Namun saat ini, kini ada skala prioritas terutama bagi lansia, yang merupakan penduduk berumur lebih dari 60 tahun.

“Tapi diprioritaskan dulu untuk tahapan kedua ini kepada pelayanan publik itu, TNI Polri, di perkantoran untuk kantor-kantor yang melayani pelayanan publik atau yang melayani masyarakat, pegawai bank juga masuk,” bebernya.

Sementara itu, ada 9 Puskesmas di Kabupaten Buru menjadi lokasi vaksinasi Covid-19. Yakni Puskesmas Namlea di Kecamatan Namlea, Puskesmas Sawa di Kecamatan Lilialy, Puskesmas Air Buaya di Kecamatan Air Buaya, dan Puskesmas Waplau di Kecamatan Waplau.

Selanjutnya Puskesmas Savanajaya dan Puskesmas Mako di Kecamatan Waeapo, Puskesmas Waelo di Kecamatan Waelata, Puskesmas Lolong Guba di Kecamatan Lolong Guba dan Puskesmas Kaeily di Kecamatan Teluk Kaeily.
“Semua puskesmas yakni ada 9 Puskesmas yang melayani vaksinasi lansia dan pelayanan publik,” pungkasnya. (MSR)

Comment