by

75 Kepala Sekolah Di SBT Hadiri Rakor Realisasi DAK Fisik 2020

Ambon, BKA- Sebanyak 75 Kepala Sekolah (Kepsek) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menghadiri rapat koordinasi (Rakor) realisasi pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pendidikan tahun 2020, di Hotel Surya, Bula, Kamis (1/10).

DAK yang akan dicairkan pada tahap satu sebesar 24 persen dan tahap dua sebesar 45 persen, yang fokusnnya pada sub bidang TK/PAUD, SD dan SMP, serta evaluasi penilaian dan penginputan data OMS PAN.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepada Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT, Sidik Rumalowak, mengatakan, proyek pembangunan infrastruktur di bidang pendidikan yang bersumber dari APBN tahun 2020 itu, patut mendapat pengawasan ketat dari berbagai pihak terkait.

“Baik dari pengawas konsultan yang ditunjuk maupun pihak berwenang, dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan,” ucap Rumalowak.

Pengawasan ketat itu dilakukan demi pencapaian kualitas pembangunan, serta mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, sehingga penyelesaian pekerjaan dengan baik.

Selain itu, dirinya minta konsultan pengawas agar tetep melakukan pengawasan terhadap kerja-kerja di lapangan, untuk pencapaian program sesuai yang disampaikan. “Kita harus memastikan pekerjaan sesuai yang direncanakan, sekaligus menjamin kualitas proyek pembangunan sekolah,” kata Rumalowak.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Rakor realisasi pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pendidikan tahun 2020, Yusran Buatan, mengatakan, tujuan rakor ini untuk menghimpun segenap stakeholder yang memeiliki kepentingan DAK fisik bidang pendidikan tahun 2020.

“Tujuannya untuk melaksanakan evaluasi program fisik pembangunan rehabilitasi bagi satuan pendidikan yang penerima manfaat bantuan DAK fisik bidang pendidikan 2020. Dan evaluasi penilaian dan penginputan data OMS PAN,” tandas Yusran Buatan. (BKA-2)

 

Comment