by

76 Indomaret Diijinkan Beroperasi di Ambon

AMBON-BKA, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui ijin usaha yang dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), telah mengijinkan 76 Indomaret beroperasi di kota bertajuk Manise ini.

Kepala DPM-PTSP Kota Ambon, Ferinanda Louhenapessy mengaku, data ijin usaha puluhan gerai modern ini, terhitung sejak 2019 hingga tahun ini.

Baca: Warga Diminta Tak Abaikan Prokes

“Ijin kepada Indomaret itu 76, sedangkan ijin usaha yang dikeluarkan untuk Alfamidi itu sebanyak 58,” terang Fernanda, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (29/7).

Dia menjelaskan, diantara dua gerai modern itu, yang masuk pertama di Ibukota Provinsi Maluku ini, adalah Indomaret. Baru kemudian disusul oleh Alfamidi.

“Jadi yang pertama kita berikan ijin usaha itu adalah Indomaret. Nah, setelah berselang beberapa waktu kemudian, lalu hadirlah Alfamidi. Kita buat ijin usahanya,” terangnya.

Disinggung soal jumlah keseluruhan ijinan usaha yang dikeluarkan DPM-PTSP Kota Ambon selama masa pandemi pada 2021 ini, kata Fernanda, angkanya cukup signifikan.

“Kalau kita hitung satu semester dalam tahun 2021 ini saja, kalau perpanjang ijin usaha di Kota Ambon itu 300. Sementara yang urus baru itu kurang lebih ada sekitar 400-an,” sebut dia.

Baca: Pembangunan Gedung YCH Terkendala Covid-19

Dirinya juga menyebutkan, banyaknya jumlah perijinan yang dikeluarkan pihaknya di tengah situasi pandemi Covid-19, lantaran segala sesuatu mengenai perijinan tersebut telah dilakukan secara online.

“Karena memang sudah serba online, jadi dari mana saja. Mau di rumah, di jalan, di mobil, para pengusaha bisa mengurus perijinan usaha mereka. Jadi sekarang kita bisa melakukan pelayanan lewat online,” pungkasnya. (IAN)

Comment