by

8.520 Vaksin Tiba di 4 Kabupaten

Ambon, BKA- Sebanyak 8.520 dosis vaksin Covid-19 yang dikirim Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku, akhirnya tiba di empat kabupaten yakni Buru, Buru Selatan (Bursel), Maluku Barat Daya (MBD) dan Seram Bagian Timur (SBT), Selasa (26/1).

Dari total 8.520 dosis tersebut, terbagi untuk Buru sebanyak 2.400 dosis, Bursel 1.400 dosis, MBD 2.240 dosis, serta SBT 2.480 dosis. Seluruh vaksin didistribusikan menggunakan jalur laut dan udara, yang dikawal ketat oleh Brimob Polda Maluku.

Data yang diterima koran ini, untuk kabupaten Buru, jumlah vaksin sebanyak 2.400 dosis yang dikirim lewat KMP Wayangan tujuan Ambon-Namlea. Penjemputan vaksin mendapat pengawalan ketat anggota Brimob Polda Maluku yang bersenjata lengkap. Bahkan dijemput langsung oleh Kapolres Pulau Buru, AKBP Egia Febry Kusumawiatmaja, bersama Wakapolres Pulau Buru, Kompol Bachrie Hehanussa.

Dari lokasi pelabuhan Namlea, ribuan dosis vaksin itu kemudian dibawa menuju kantor Dinkes kabupaten Buru di jalan Flamboyan, menggunakan mobil box tertutup milik PT Pos Indonesia.

Tiba dilokasi, 2.400 dosis vaksin yang nantinya akan digunakan pertama bagi 1.162 tenaga kesehatan (nakes) langsung dibawa masuk ke ruang kerja Satgas Covid-19 Pemkab Buru. Untuk disimpan di lemari pendingin dengan suhu 2 derajat.

Sementara untuk MBD, 2.240 vaksin tiba di Bandara Udara Jos Orno Imsula, yang didistribusikan menggunakan pesawat Trigana Air degan nomor penerbangan, IL 428 tujuan Ambon-Moa. Kedatangan vaksin juga dikawal ketat personil Polres MBD, Brimobda Kompi 4 Yon C Pelopor Moa dan Personil Mod 1511 Moa.

Setibanya di Bandara Jos Orno Imsula, vaksin sinovac diterima Kepala Kantor Pos Serwaru. Chrestofol Mahulette. Seluruh vaksin kemudian diangkut menggunakan mobil ambulance menuju gedung Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan MBD, di Tiakur.

Ribuan vaksin itu kemudian diserahkan ke Kepala Bidang SDK Dinas Kesehatan MBD, Eros Akse, yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan MBD D. Loira, Sekretaris Gugus Tugas MBD, Josua Pihlipus, Kabag OPS Polres MBD, AKP Noovy Sapulette, Danki Brimob Kompi 4 Yon C, IPTU Tenine Dan Kasat Intelkam Polres MBD, IPTU Eroll da Costa.

Kepala Dinas Kesehatan MBD, D . Loira usai pendistribusian mengatakan, vaksin sinovac akan disimpan di gedung Instalasi Farmasi Dinkes MBD dengan kapasitas suhu 5,3 celsius. Setelah kedatangan vaksin di Kabupaten MBD, pemerintah akan segera melakukan tahapan vaksinasi.

“Berdasarkan intruksi presiden, pelaksanaan vaksinasi akan diutamakan kepada pejabat daerah serta tenaga kesehatan. Yang merupakan garda terdepan Satgas Penanganan Covid-19. Namun waktu pelaksanaan akan ditentukan setelah rapat koordinasi Satgas,” beber Loira.

Dijelaskan, berdasarkan jumlah vaksin yang diterima Kabupaten MBD, tentu mencukupi bagi seluruh tenaga kesehatan yang berada di kabupaten MBD. “Karena itu dapat dipastikan seluruh tenaga kesehatan di kabupaten MBD dapat dilakukan vaksinasi,” pungkasnya.

Sementara untuk Kabupaten SBT, 2.480 dosis vaksin Sinovac itu dikawal langsung Kasat Intelkam Polres SBT, Ipda Houver PJ. Onmehopa, bersama sejumlah personilnya. Ribuan vaksin tersebut dikawal dari kabupaten Maluku Tengah menuju SBT, menggunakan mobil Jasa POS Indonesia. Setelah tiba di SBT, ribuan vaksin kemudian kirim kembali ke gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten SBT. (RHM/BKA-4/SOF)

Comment