by

8 Persen DD Tangani Covid-19

Ambon, BKA- Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia, nomor 222 tahun tahun 2020, sebanyak 8 persen dari Dana Desa (DD) yang diterima desa/negeri di kota Ambon, akan dialokasikan untuk percepatan dan penanganan Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon, Meggy Lekatompessy, Kamis (22/4) berharap, sisa dari DD yang telah dipangkas untuk penanganan Covid-19 itu, peruntukannya bisa sesuai dengan prioritas yang sudah dianggarkan lewat APBD. Artinya DD bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Harus sesuai dengan peruntukan, karena ada beberapa salah satunya dari penanganan covid-19, juga mengenai kegiatan-kegiatan pemberdayaan di masyarakat di masing-masing desa negri. Termasuk pembangunan fisik,” terangnya.

Dia menjelaskan, dari 30 desa Negeri di Kota Ambon, 26 yang telah diusulkan. Bahkan semua sudah di lanjutkan dengan penyaluran. Sementara 4 lainnya belum, sebab ada sedikit terkendala dengan saniri.

“Kurang 4 kemarin terkendala dengan saniri yang sudah berakhir masa bakti. Karena memang penetapan APBD itu harus antara pemerintah negeri dan saniri atau BPD dalam hal ini. Jadi kalau kemarin sudah pelantikan BPD atau saniri, maka pasti dilanjutkan dengan usulan,” terangnya.
Dia mengaku, pihaknya bersifat menunggu kalau ada usulan dari negeri atau desa untuk penerima DD. “Contonhya di Batumerah dan sementara berproses untuk penetapan APBD. Kami sifatnya menunggu. Kalau itu dimasukan segera kami proses, ” jelasnya. (IAN)

Comment