by

8 Persen DD Tawiri Untuk Covid-19

Ambon, BKA-Dari total Dana Desa (DD) yang diterima Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon di tahun ini, sebesar 8 persen digelontorkan untuk penanganan Covid-19 di tahun ini.

Penjabat Desa Tawiri, Cornelis Wattimena saat dihubungi, Kamis (22/4) mengaku, kurang lebih Rp 94 juta dari DD akan dialokasikan untuk penanganan Covid -19.

“Tahun ini DD dipangkas sebanyak 8 persen untuk penanganan Covid-19. Itu totalnya sekitar 94 juta lebih dari DD yang dialokasikan nantinya,” terang Cornelis.

Dana tersebut nantinya digunakan untuk upaya pencegahan. Seperti pengadaan masker bagi warga, penyemprotan cairan desinfektan, dan pengadaan sosialisasi bagi warga.

“Itu kami gunakan untuk berbagai upaya pencegahan penularan di masyarakat. Misalnya pengadaan masker, alat semprot desinfektan, dan biaya sosialisasi bagi masyarakat,” jelasnya.

Sisa anggaran DD nanti, akan digunakan untuk kegiatan lainnya. Seperti bidang pemberdayaan, pembangunan, keamanan dan juga untuk penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST).

“DD juga kami akan gunakan untuk bidang lain seperti pemberdayaan, pembangunan, dan keamanan. Tentu saja ada untuk penyaluran BLT, karena tahun ini memang masih jalan,” sebutnya.

Dikatakan, program yang telah dijalankan hingga saat ini yaitu penyaluran BST dan penanganan stunting. “Pemerintah desa masih menunggu pencairan dana untuk menjalankan program yang lain. Pemerintah desa akan mengikuti anjuran pemerintah pusat terkait penggunaan DD,” tutupnya. (BKA-1).

Comment