by

80 Relawan Ikut Bimtek SDGs

Sebanyak 80 relawan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pemutakhiran data berbasis Sustainable Development Goals (SDGs), yang diselenggarakan oleh Pemerintah Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau, Ambon baru baru ini.

Bimtek tersebut merupakan bagian dalam upaya menyukseskan program di Negeri Batumerah untuk tahun-tahun mendatang. Demikian disampaikan Sekretaris Negeri Batumerah, M. Arlis Lisaholet, saat menghubungi koran ini, Rabu (26/5).

“Bimtek tim pemutakhiran data ini, Pemerintah Negeri sengaja melibatkan banyak perserta. Dimana terdapat 80 relawan desa yang siap melaksanakan tugas pendataan berbasis SGDs,” tutur Lisaholet.

Menurut dia, pelaksanaan pendataan di Negeri Batu Merah memerlukan persiapan yang matang, sehingga dapat diselesaikan sesuai waktu yang ditetapkan.

“Ini bukan perkerjaan yang mudah. Wilayah kami cukup besar, terdapat 104 RT dan 20 RW yang didalamnya mencakup kurang lebih 17.000 Kepala Keluarga dan 69.000 jiwa. Sehingga Bimtek ini dilakukan semaksimal mungkin demi penguatan bagi relawan,” ucapnya.

Pendataan tersebut, lanjut Lisaholet, bertujuan untuk pemutakhiran data seluruh potensi yang ada di Negeri Batu Merah. Pendataan dilakukan mulai data penduduk, sarana prasarana hingga potensi yang bisa dikembangkan.

“Jadi sebenarnya ini merupakan proram pemerintah negeri setiap tahun, untuk memutakhirkan data. Mulai dari data dasar keluarga, penduduk, sarana pra sarana dan seluruh potensi yang ada di negeri. Tetap lewat program Kemendes, maka pendataan dilakukan menggunakan aplikasi SDGs yang disediakan,” jelasnya.

Lisaholet menambahkan, hasil dari pendataan tersebut akan menjadi sandaran Penetapan Indeks Desa Membangun (IDM), serta pedoman bagi pemerintah negeri dalam melaksanakan program di waktu mendatang.

“Sederhanya, pendataan ini outputnya akan dipakai untuk menentukan status negeri lewat IDM. Serta pedoman bagi kami untuk melaksanakan program-program di desa dengan data tersebut,” tutupnya. (BKA-1)

Comment