by

83 KK Sudah Terima BLT di Desa Samalagi

Sebanyak 83 kepala keluarga (KK) di Desa Samalagi, Kecamatan Waplau, telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I untuk Bulan Januari.

Penyerahan BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap I tahun anggaran 2021 tersebut, dilakukan di Balai Desa Samalagi, 25 Mei 2021 lalu.


Penjabat Kepala Desa (Kades) Samalagi, Hamzah Malawat, berharap, BLT yang disalurkan itu dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga penerima.

“pembagian BLT tersebut diberikan kepada penerima sebanyak 83 (KK), dengan besaran Rp 300.000 per KK. Jadi bagi warga berkesempatan menerima dana bantuan itu, dengan harapan, bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga,” kata Hamzah, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (30/5).

Pembagian BLT yang berlangsung pekan lalu itu merupakan BLT tahap satu untuk Bulan Januari. Sementara untuk bulan Februari sampai Mei, terangnya, masih menunggu proses pencairan tahap berikutnya.

Dengan pembagian BLT tersebut, dia meminta masyarakat untuk memaklumi keterlambatan penyaluran BLT tersebut, sebab memang proses pencairan anggaran dari pemerintah pusat juga terlambat.

“Ini BLT tahap satu untuk Bulan Januari. Kalau untuk Februari sampai Mei, ini belum. Karena baru pencairan khusus Januari,” ungkapnya.

BLT Dana Desa, terangnya, merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk mengatasi krisis yang berkepanjangan, akibat pandemi Covid-19. Sehingga melalui Menteri Keuangan, pemerintah pusat menyalurkan bantuan berupa uang tunai kepada masyarakat, agar membantu ekonomi masyarakat Indonesia akibat dari dampak pandemi Covid-19 tersebut.

“Untuk itu, penyaluran BLT menjadi salah satu prioritas bagi seluruh desa. Dengan harapan, agar masyarakat bisa menggunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan pokok sehari-hari,” pungkas Hamzah.(MG-1).

Comment