by

90 Personil Pol-PP Lanjut Swab

Ambon, BKA- Demi mencegah adanya kluster baru penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Ambon terus melakukan pengambilan swab pada 10 OPD-nya yang melakukan pelayanan publik selama pandemi. Salah satunya, Satpol PP Kota Ambon.

Progam swab test massal ini, dilakukan Dinas Kesehatan Kota Ambon sejak 11 Agustus pekan kemarin. Dan diperikirakan akan selesai dalam dua minggu di bulan ini.

Namun dari 206 personil yang ada, sebanyak 116 personil Pol PP lainnya sudah menjalani swab pada 14 Agustus pekan kemarin. Dan kemarin, dilanjutkan dengan 90 personil.

Kepala Satpol PP Kota Ambon, Josias P. Loppies menyebutkan, sebagian personil yang belum lakukan swab, diwajibkan untuk mengikuti swab, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Tanggal 14 Agustus lalu, sudah ada sebanyak 116 personil termasuk Kasat, yang dilakukan tes Swab. Nah pada tanggal 18 Agustus ini (kemarin), ada sebanyak 90 personil yang sudah dilakukan tes tersebut juga,” ungkap Josias kepada Wartawan, di Balai Kota, Selasa (18/8).

Lebih lanjut, tutur dia, selain mencegah penyebaran Covid-19, program tersebut merupakan instruksi resmi dari Pemerintah Kota Ambon.

“Kita ini kan bersentuhan langsung dengan masyarakat, jadi diwajibkan untuk tes swab. Bahkan, sudah ada surat dari Pemkot,” beber Josias.

Jika memang ada pegawai yang tidak mau dilakukan swab, sambung dia, sesuai dengan surat keputusan (SK) Pemkot Ambon, maka pegawai tersebut akan mendapatkan sanksi.

Josias menambahkan, ketika hasil swab Satpol PP keluar, dan ada personil yang hasilnya dinyatakan positif Covid-19, maka sudah menjadi kewajiban Pemkot untuk bertanggung jawab.

“Kita akan serahkan untuk diproses lebih lanjut, atau dengan kata lain diisolasi,” kuncinya (BKA-1).

Comment