by

941 Nakes Telah Disuntik Vaksin Tahap III

beritakotaambon.com – Pemberian vaksin jenis moderna yang diprioritaskan bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Ambon, sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Sesuai data Dinas Kesehatan Kota Ambon, hingga saat ini jumlah Nakes di Ambon yang sudah disuntik vaksin tersebut sebanyak 941 orang.

Diketahui, vaksin moderna ini merupakan tahap ke III yang diperuntukkan bagi Nakes. Sebelumnya Nakes disuntik menggunakan vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Meski sudah 941 Nakes terima vaksin Moderna, namun belum mencapai target yang ditentukan Pemerintah Kota Ambon lewat Dinas Kesehatan.

Baca juga:
Penularan Covid-19 di Ambon Menurun

Kepala Dinas Kesehatan Ambon, Wendy Pelupessy mengaku, target pembagian vaksin Moderna ke Nakes, mesti sama seperti vaksin tahap awal dan kedua, yakni 3.661 orang.

“Untuk Nakes yang sudah divaksin ketiga sebanyak 941 orang. Jadi itu baru 29 persen dari target,” ungkap Wendy, kepada wartawan di pelataran Balaikota, Selasa (31/8).

Wendy mengatakan, penyuntikan vaksin tahap ketiga bagi Nakes ini sedikit terlambat. Sebab, banyak dari mereka yang pernah terpapar Covid-19. Sehingga, butuh waktu beberapa bulan baru dapat memberikan vaksin ke Nakes. “Nakes yang terkonfirmasi, mereka menunggu tiga bulan untuk melakukan vaksinasi moderna,” bebernya.

Bukan saja itu, Wendy menjelaskan, beberapa Nakes juga belum penyuntikan dosis kedua dari dosis pertama yang diberikan. Baik itu Sinovac atau Astrazeneca.

“Jadi harus dilengkapi Sinovac dulu, dua kali baru masuk ke Moderna. Jadi tetap bertahap disesuaikan dengan kondisi,” pungkasnya. (IAN)

Comment