by

Abdul Gafur Laitupa Yakin Menang di MA

beritakotaambon.com – Abdul Gafur Laitupa, melalui kuasa hukumnya, Roza Turzina Nukuhehe, mengatakan, sangat optomis menang, terhadap perkara dugaan tindak pidana korupsi pembelian lahan untuk pembangunan kantor LTMG Namlea, yang telah bergulir ke tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA) RI.

Menurut Srikandi DPD Partai Demokrat Maluku ini, apa yang sudah dibuktikan dipersidangan di pengadilan tindak pidana korupsi pada pengadilan Negeri Ambon, jelas atas keterangan saksi-saksi dan ahli.

Sehingga, jika memang jaksa penuntut umum melakukan upaya hukum kasasi, sebagai kuasa hukum tetap hormati proses hukum yang dilakukan jaksa, namun perlu diketahui bahwa,kuasa hukum sangat optimis, majelis hakim tingkat Kasasi MA, akan menguatkan putusan pengadilan negeri Ambon.

“Saya yakin,majelis hakim, tingkat kasasi akan menguatkan putusan pengadilan Tipikor Ambon, sebab, apa yang sudah diputusan majelis hakim itu kami anggap sudah objektif dan profesional,” ungkap Nukuhehe, kepada Beritakota Ambon, melalui selulernya, Rabu (25/8).

Selain kliennya Abdul Gafur Laitupa, terhadap Fery Tanaya pun tetap divonis bebas oleh majelis pada tingkat kasasi.

“Karena perkara ini kronologisnya satu rangkaian saya. Jadi saya pikir pak Fery dan pak Gafur,pasti bebas di tingkat MA,”jelasnya.

Dia mengaku, dalam pekan ini, dirinya bersama tim kuasa hukum Abdul Gafur Laitupa, akan mengajukan kontra memori kasasi ke pengadilan Tipikor Ambon dalam waktu dekat.

“Karena informasi, jaksa sudah masukan memori kasasi, jadi dalam waktu dekat, kita juga akan masukan kontranya. Sekali lagi, kita yakin betul, bahwa klien kami dibebaskan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kejati Maluku memastikan akan menempuh jalur kasasi, untuk menanggapi status hukum Fery Tanaya yang divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Ambon, belum lama ini.

Baca juga: Kejari Aru Diduga Lakukan Kriminalisasi Hukum

Kepastian itu disampaikan Asisten Intelijen Kejati Maluku, Muji Martopo. Bukan hanya terhadap Fery Tanaya, hal itu juga dilakukan terhadap Abdul Gafur Laitupa, yang juga divonis bebas.

Menurutnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku tidak tinggal diam, menerima vonis Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Ambon terhadap Fery Tanaya dan Abdul Gafur Laitupa, di kasus dugaan tindak pidana korupsi pembelian lahan untuk pembangunan kantor LTMG Namlea.

“Kita juga tidak tinggal diam, kita akan ajukan kasasi ke MA,” kata Martopo, Minggu (8/8).

Jaksa berpangkat tiga bunga melati itu mengaku, berdasarkan dakwaan jaksa, baik pasal 2 dan pasal 3, unsur-unsur yang dilakukan kedua terdakwa dalam kasus pembelian lahan untuk kantor PLTMG Namlea ini terbukti. Hanya saja, pertimbangan hakim tidak sama dengan JPU. “Karena dari itu lah, kita kasasi,” tandasnya.

Diketahui, sesuai amar putusan Ketua Majelis Hakim, Pasti Tarigan, perbu tan yang dilakukan Fery Tanaya dan Abdul Gafur Laitupa dalam pembelian lahan untuk pembangunan kantor PLTMG Namlea, tidak masuk dalam perbuatan pidana. Sehngga mereka divonis bebas, Jumat (6/8).

“Terhadap semua unsur sebagaimana yang didakwakan jaksa penuntut umum Kejati Maluku, ketika dipelajari semua bukti-bukti persidangan, dakwaan subsider dan primer atau pasal 2 dan pasal 3 undang-undang tindak pidana korupsi tidak terbukti,” ujar ketua majelis hakim dalam amar putusan di sidang yang dihadiri jaksa penuntut umum Kejati Maluku, Ahcmad Attamimi Cs. (SAD)

Comment