by

Ada Jukir Nakal di Zona Strategis

beritakotaambon.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Robby Sapulette mengaku, ada juru parkir (jukir) nakal yang beroperasi di kawasan zona strategis, yaitu kawasan Jalan A.Y Patty.

Diketahui, ada lima zona strategis yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Ambon lewat dinas terkait. Yakni Jalan A.Y Patty, Jalan A.M Sangadji, Jalan Sam Ratulangi, Jalan Said Perintah dan Jalan Diponegoro.

“Ada jukir-jukir yang nakal, misalnya di jalan A.Y Patty. Tetapi itu sudah kita tertibkan,” beber Robby, kepada wartawan, Rabu (18/8).

Jukir nakal tersebut, lanjut dia, sengaja mengijinkan kendaraan roda dua menggunakan tempat parkir yang dikhususnya untuk roda empat. “Iya, sengaja biarkan roda dua parkir,” terangnya.

Baca juga: Belum Ada Pelanggaran Prokes di Tempat Ibadah

Ia menegaskan, apabila kedepan pihaknya masih mendapatkan para jukir tersebut melakukan kesalahan serupa, maka tidak segan-segan untuk diberikan sanksi berat, seperti pemecatan.

“Beberapa hari lampau, gelar Apel dengan semua jukir dan pengelola. Dalam apel itu, sudah disampaikan kalau ada Jukir yang tidak tertib aturan, maka konsekuensinya harus diberhentikan,” sebut dia.

Ia menjelaskan, konsekuensi itu diterapkan agar tidak ada Jukir yang mencoba melanggar aturan. “Konsekuensi ini bertujuan untuk memberikan efek jera kepada Jukir,” ucapnya.

Sesuai pantauan, sambung Robby, masyarakat belum sepenuhnya mematuhi aturan-aturan rambu lalu-lintas. Karena sampai dengan saat ini, masih menemukan warga yang parkir sembarangan.

“Saya sendiri turun untuk melakukan operasi patroli. Karena masyarakat yang masuk bukan pada tempat parkir, dan nanti kalau ditegur jawabannya sebentar saja. Tapi kenyataan mereka parkir,” tukasnya.

Baca juga: Covid-19 Hancurkan Ekonomi Warga

Dia berharap, warga paham dan patuh terhadap aturan rambu-rambu lalu-lintas. “Kami harap masyarakat sadar dan parkir pada tempatnya. Begitu juga dengan Jukir,” kuncinya. (IAN)

Comment