by

ADD Batu Merah Belum Dicairkan

Ambon, BKA- Desa Batu Merah, kecamatan Sirimau belum menerima pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk tahun ini.

Hal ini dikarenakan belum ditetapkan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) tahun 2021. Pemdes sendiri belum bisa menetapkan APBDes jika belum melakukan musrembang tingkat desa.

“Jadi syarat untuk menerima ADD itu SPJ APBDes 2020 dan penetapan APBDes 2021. Kalau APBDes SPJ sudah siap, tinggal penetapan APBDes 2021 yang kuncinya ada pada saniri. Kita tidak bisa menetapkan tanpa melakukan musrembang. Memang plot pagu anggaran sudah ada. Tapi itu belum bisa cair jika dua syarat tadi belum ada,” pungkas Idrus Buamona pejabat desa Batu Merah.

ADD dicaikan bertahap, jelasnya. Tahapan pencairan juga tidak sama setiap tahunnya. “ADD ini dicairkan bertahap. Kalau Batu Merah sendiri ada yang dua bulan sekali dicairkan ada juga yang satu bulan sekali dicairkan. Tergantung pertanggungjawaban penggunaan sebelumnya,”jelasnya.

ADD Batu Merah tahun sebelumnya digunakan untuk pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan penanganan bencana. Ini sesuai dengan APBDes yang sudah ditetapkan untuk dijalankan tahun 2020.

“Jadi sesuai dengan penetapan APBDes 2020 yang kami jalankan. Realisasi ADD itu mencangkup bidang pembangunan, pemberdayaan, dan bencana alam. Pembangunan itu misalnya pembangunan perpustakaan Hatukau,” ucapnya.

Meski demikian ada rencana pemdes untuk mengarahkan penggunaan ADD ke bidang pariwisata untuk menjadi desa mandiri. (BKA-1)

Comment