by

ADD Laha Berdayakan Potensi Alam Laut

Pemerintah Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, sementara berdayakan potensi laut menggukan Alokasi Dana Desa (ADD). Pasalnya, desa yang berada di ujung teluk ini memiliki banyak potensi laut yang bernilai ekonomi.

Pemerintah desa sendiri juga mulai membentuk berbagai program pemberdayaan masyarakat di bidang kelautan dan perikanan.

Salah satu program tersebut yaitu, dengan memberdayakan club diving. Club diving ini dibentuk untuk lebih memperkenalkan potensi terumbu karang yang ada. Dengan begitu bisa menarik perhatian wisatawan yang datang berkunjung.

“Jadi salah satu potensi Laha itu terumbu karang dan hasil laut. Untuk itu kami mendorong club diving dengan memakai ADD yang ada. Kami berikan alat-alat yang dibutuhkan seperti alat menyelam dan lai -lain,” terang, Sekretaris Desa Laha, Fahmi Mewar, saat dihubungi koran ini, Sabtu (29/5).

Selain club diving, lanjut dia, pemerintah desa juga mendorong pemberdayaan masyarakat dibidang perikanan, yakni bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat. Dimana beberapa kelompok budidaya ikan diberikan bantuan, berupa bodi dan alat-alat tangkap.

“Ada juga pemberdayaan masyarakat di bidang perikanan. Kami berikan bantuan alat yang diperlukan untuk menangkap ikan. Dengan begitu warga bisa menagkap ikan untuk dimakan dan dijual kembali, sehingga bisa bernilai ekonomi bagi warga,” tambahnya.

Fahmi menambahkan, jumlah bantuan yang telah diberikan yang bersumber dari ADD. “Kalau untuk club diving kami anggarkan sekitar 700 juta. Kalau untuk pemberdayaan ikan, kami berikan bodi 6 buah dengan total biaya kurang lebih 200 juta. Itu anggaran yang kami keluarkan dari ADD untuk tahun 2020 kemarin,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan, untuk tahun ini semua pengelolaan pemberdayaan ikan yang ada akan mulai dikelola oleh BUMDes. “Tahun ini kami sudah anggarkan, tapi kami bekerja sama dengan BUMDes agar bisa dikelola dengan baik,” tutupnya. (BKA-1)

Comment