by

ADIL Vs FAHAM Selisih Tipis

Ambon, BKA- Pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Mukti Keliobas-Idris Rumalutur (ADIL) dan Paslon nomor urut 2 Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kelian (FAHAM) bersaing ketat di Pilkada SBT. Tingkat elektabilitas terhadap paslon FAHAM berada di 35,4 persen, sementara ADIL 32,2 persen.

Sementara untuk paslon nomor urut 3, Rohani Vanath dan Muhammad Ramly Mahu (NINA RAMA) mencapai 18,5 presen. Kemudian yang belum menentukan pilihan 5,2 persen, dan yang tidak tahu 2,2 persen. Hal ini sesuai temuan survei yang dipaparkan Jaringan Survey Nusantara (JSN), lewat konferensi pers di Ambon, Kamis (3/11).

Metodologi survei JSN, menggunakan metode stratified random sampling dan cluster random sampling (multistage random sampling) dengan 600 responden. Margin of eror survei sekitar 4,1 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Dimana survei dilakukan sejak tanggal 15-25 November 2020.


Populasi survei ke semua penduduk di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang punya hak pilih atau yang telah menikah maupun berusia diatas 17 tahun. Dimana untuk menjaga kualitas data yang disurvei, JSN melakukan quality control dengan cara mendatangi kembali 20 persen dari koresponden yang telah diwawancarai.

Direktur Riset JSN, Riyanda Barmawi mengatakan, dari seluruh koresponden yang ditemui, sebanyak 93 persen telah mengetahui Pilkada akan dilaksanakan tanggal 9 Desember pekan depan. Sementara sisanya tidak tahu dan tidak pernah dengar kapan pilkada berlangsung.

Kemudian dari seluruh pemilih di Kabupaten SBT, sebanyak 93,2 persen telah terdaftar. Sementara sisanya belum terdaftar sebagai pemilih.

“Jadi yang kita tanyakan, seandainya Pilkada SBT dilaksanakan hari ini, siapa bupati dan wakil bupati yang akan bapak ibu pilih ? Dan yang kita temukan itu, FAHAM 35,4 persen, ADIL 32,2 persen dan NINA RAMA 18,5. Jadi FAHAM dan ADIL bersaing ketat, sementara NINA RAMA dibawah 20 persen. Selain itu, kita juga punya survei tertutup yang kita lakukan terhadap tiga paslon tersebut. Dan paslon FAHAM 36,8 persen, ADIL 34,8 persen dan NINA RAMA 20 persen. Sementara yang belum memutuskan, belum mau, dan tidak tahu itu 7,5 persen,” terang Riyanda.

Dikatakan, sesuai tema survei “Dukubgan Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Menjelang Pilkada SBT 2020”, JSN juga temukan pemilih militan atau strong supporters dari masing-masing paslon. Dimana untuk pemilih militant terhadap FAHAM mencapai 33,8 persen, ADIL, 29,9 persen dan NINA RAMA. Dan pemilih yang belum memutuskan maupun pemilih ragu atau swing voters, sebanyak 16,6 persen.

“Kita juga temukan, saat ditanya seberapa berkeinginan bapak ibu paslon bupati dan wakil bupati yang disebut di bawah ini terplih menjadi bupati dan wakil bupati ? Sangat berkeinginan atau cukup berkeinginan untuk ADIL 48,2 persen, kemudian FAHAM 54,3 persen dan NINA RAMA 47,5 persen.

Sementara kurang berkeinginan atau tidak berkeinginan sama sekali, untuk ADIL 36,8 persen, FAHAM 38,5 persen, dan NINA RAMA 32,4 persen. Kemudian yang tidak tahu atau tidak jawab untuk ADIL 15 persen, FAHAM 13,3 persen dan NINA RAMA 14 persen,” paparnya.

Untuk tingkat polaritas dan kesukaan, lanjut Riyanda, dari masing-masing calon bupati dan wakil bupati yang ada, popularitas untuk Abdul Mukti Keliobas mencapai 98,2 persen namun kesukaan 64,5 persen. Sementara polaritas untuk Rahani Vanath 96,4 persen dan kesukaan 66,2 persen.

Selanjutnya popularitas Fachri Husni Alkatiri 92,5 persen dan tingkat kesukaan 72,4 persen. Popularitas Arobi Kilian 87,4 persen dan tingkat kesukaan 65,8 persen. Popularitas Idris Rumalutur 82,7 persen dan tingkat kesukaan 69,4 persen. Dan popularitas Muhammad Ramly Mahu 81,4 persen dan tingkat kesukaan 62,9 persen.

Selain itu, survei juga dilakukan terkait kepuasan kinerja Bupati dan wakil Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas dan Fachri Husni Alkatiri. Yakni untuk Abdul Mukti Keliobas, sangat puas atau cukup puas 46,9 persen, kurang puas atau tidak puas sama sekali 45,4 persen dan tidak tahu atau tidak jawab 7,7 persen.

Sementara untuk Fachri Husni Alkatiri, sangat puas atau cukup puas 53,4 persen, kurang puas atau tidak puas sama sekali 35,1 persen dan tidak tahu atau tidak jawab 11,5 persen.

Namun untuk tingkat inginkan kembali petahana Abdul Mukti Keliobas, tidak menginginkan 32,2 persen, menginginkan 39,5 persen dan tidak tahu atau tidak jawab 28,3 persen.

“kesimpulan hasl survei JSN, pemilih di SBT mengetahui ada Pilkada SBT dan masyarakat mengaku sudah terdaftar. Kemudian pasangan Fachri Husni Alkatiri dan Arobi Kelian unggul dalam survei terbaru JSN di SBT. Sebagai petahana, Abdul Mukti Keliobas diuruta kedua, dengan elektabilitas di bawah 40 persen. Bahwa sangat terbuka potensi petahana kalah. Kemudian paslon Rohani Vanath dan Ramly Mahu di urutan tiga, dengan dukungan berjarak diatas 10 persen dengan Abdul Mukti Keliobas dan Fachri Husni Alkatiri. Dan tingkat kepuasan terhadap bupati rendah dibawah 50 persen, tingkat menginginkan kembali dibawah 50 persen,” tutup Riyanda. (UPE)

Comment