by

Agustus, Dana Gempa Tahap II Cair

AMBON-BKA, Akhir Agustus 2021, Pemerintah Kota Ambon akan merealisasikan pencairan dana gempa tahap II, bagi korban terdampak gempa yang terjadi pada 2019 silam. Demikian disampaikan Sekertaris Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Eva Tuhunury, kepada wartawan, Rabu (28/7).

“Tahap kedua menunggu kita punya laporan pertanggung jawaban sampaikan ke BNPB. Sehingga kita melakukan permohonan kembali untuk tahap kedua,” sebut Eva.

Dijelaskan, penyaluran dana bantuan gempa tahap II diperkirakan dapat berjalan di akhir Agustus atau awal September 2021 ini. Dan diharapkan, seluruh proses pencairan berjalan lancer.

Baca: Pembangunan Gedung YCH Terkendala Covid-19

“Akhir Agustus sudah bisa kita pastikan. Taruhlah akhir Agustus atau September tahun 2021 ini. Itu kita sudah bisa lanjutkan pencairan dana tahap II,” ujarnya.

Menurutnya, penerima bantuan dana Gempa tahap II mengalami peningkatan. Dimana sebelumnya dari jumlah 1.800 kepala keluarga (KK), kini naik menjadi 2.000 KK.

“Untuk total penerima ditahap ke II mengalami peningkatan dari sebelumnya. Yang terdaftar ada 1.800 KK, kini naik menjadi 2.000 KK penerima,” ungkap dia.

Eva juga berharap, kendala pencairan dana gempa yang terjadi pada proses pencairan dana gempa tahap I, tidak terulang di pencairan tahap II nanti. Pasalnya, untuk pencairan tahap I belum selesai dilakukan.

Baca: Warga Diminta Tak Abaikan Prokes

“Sampai dengan saat ini tim masih melakukan pendataan terkait dengan rumah bangun mandiri yang masih belum menyelesaikan datanya,” bebernya

Dia mengaku, hampir 90 persen dari total bangun mandiri yang belum diselesaikan datanya. Sehingga, diperkirakan akhir bulan Juli ini, pencairan sudah dapat dilakukan.

“Tim sedang melakukan penilaian, dan di akhir Juli ini kita sudah buka blokir. Karena saat ini dana sudah ada, hanya saja masih diblokir sampai datanya terverifikasi,” tutup Eva. (IAN)

Comment