by

Ahusen Dicanangkan Untuk Kampung Tangguh SAGU

Ambon, BKA- Kampung tangguh SAGU (Sehat, Aman, Gotong royong dan Unggul) merupakan program pemerintah bersama dengan Polri dan TNI dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kelurahan Ahusen, Kecamatan Sirimau juga ikut dicanangkan sebagai kampung tangguh SAGU. Untuk kecamatan Sirimau ada 10 kelurahan, 3 negeri, dan 1 desa yang dicanangkan sebagai kampung tangguh.

“Jadi ini di Sirimau ada total 14 yang kami canangkan sebagai kampung tangguh. Terdiri dari 10 kelurahan, 3 negeri dan 1 desa. Dalam rangka penanganan Covid-19. Ini memang program langsung TNI dan Polri. Seperti yang sudah saya sampaikan bahwa ada beberapa bidang didalamnya yang harus diterapkan. Seperti bidang kesehatan, keamanan, gotong royong, sosial dan ekonomi,” pungkas Aida Stan Nifan, Kanit Binmas Polsek Sirimau.

Di Kelurahan Ahusen pencanangan dipusatkan di RT.002/04. RT ini dipilih karena bisa menjadi contoh bagi RT lain dalam berbagai bidang. Mulai dari keamanan, kesehatan lingkungan dan ketertiban warganya.

“Jadi saya memilih RT ini karena masyarakat di sini sudah mandiri dalam berbagai hal. Mulai dari siskamling, kesehatan dan semuanya tersedia. Ada juga pemanfaatan berbagai hal yang tidak ditemukan ditempat lain. Seperti Dasa wisma, Komunitas Peduli Sungai (KPS) dan pemanfaatan air hujan,” pungkas Evand Tahapary Lurah Ahusen.

Tahapary mengakui akan ada program lain untuk mendorong tingkat keamanan di kelurahan ini. Kedepannya juga akan direncanakan kampung tangguh di RT lain.

“Jadi kita ada program bacarita binmas. Itu merupakan program berbincang antar warga, staf kelurahan dan babinsa, bhabinkamtibmas untuk membicarakan masalah keamanan. Kegiatan ini akan kami lakukan diseluruh RT bukan di RT.02 sini saja,” tutupnya. (BKA-1)

Comment