by

Ahusen Libatkan RT Mengenai Keamanan

Ambon, BKA- Kelurahan Ahusen Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon selalu melibatkan RT dalam menjaga keamanan bersama. Hal ini diakui oleh Pejabat Lurah Ahusen Decky Sopamena. Keamanan merupakan tanggung jawab bersama sehingga tidak hanya menjadi program kelurahan tapi juga melibatkan semua lapisan mulai dari masyarakat hingga RT. Kelurahan ini sendiri tidak memiliki masalah keamanan yang cukup serius seperti kericuhan ataupun bentrok antarwarga. Sehingga keamanan lebih difokuskan kepada perilaku sesama warga.

“Mengenai keamanan kami selalu melibatkan RT, biarpun kelurahan menjalankan program tetapi RT lebih mengetahui permasalahan dilingkunganya. Jadi kami mempercayakan RT dan warga dalam menjalankan program keamanan dilingkungan masing-masing. Meski begitu kami selalu memantau keamanan yang ada, jika ada permasalahan yang perlu ditangani bersama maka kami akan ikut mengambil bagian. Yang saya tau setiap lingkungan memiliki sistim keamanan lingkungan (siskamling) yaitu jam jaga malam. Untungnya daerah kami tidak memiliki permasalahan besar seperti kericuhan dan bentrok,” pungkas Sopamena.

Sopamena juga mengakui bahwa bhabinkamtibmas dan babinsa berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan. Selalu ada kordinasi dan kerja sama yang baik antar kelurahan, bhabinkamtibmas dan RT setempat.
“Bhabinkamtibmas dan babinsa selalu aktif berperan dalam menjaga keamanan disini. Bahkan komunikasi yang baik selalu ada antar RT dan bhabinkamtibmas serta dengan pihak kelurahan. Adanya kerja sama yang baik sehingga setiap maslah keamanan yang ditemui bisa diatasi dengan segera. Bahkan babinsa dan bhabinkamtibmas selalu terlibat dalam segala kegiatan yang kami jalankan,” tutupnya.
(MG-1)

Comment