by

Airlangga : Suku Bunga KUR Hanya 3 Persen

beritakotaambon.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan, pihak bank yang memiliki produk Kredit Usaha Rakyat (KUR), tidak lagi harus memberikan suku bunga 6 persen. Melainkan turun 2 persen setelah Pemerintah Pusat memberikan subsidi 3 persen.

Pihak Bank juga diminta agar dalam program KUR, tidak lagi mengambil bunga 6 persen, tapi tetap setiap pengambilan dana KUR, nasabah dikenakan 3 persen. Dan 3 persen lainnya sudah menjadi tanggung jawab lewat subsidi.

Penegasan Menko Perekonomian ini, dikhususkan bagi ketiga bank penyalur KUR yakni, BNI Ambon, BRI dan Bank Mandiri di Maluku.

Baca juga: Airlangga Instruksikan Golkar Maluku Menang Pemilu 2024

“Ini aturan yang Pemerintah yang telah memberikan subsidi 3 persen bagi setiap pengambilan KUR, jadi yang harus dibayar debitur hanya 3 pesen dari besar dana KUR yang diambil. Jadi ingat pihak bank hanya bisa mengambil 3 persen, bukan lagi 6 persen sampai akhir tahun 2021,” tandas Airlangga, saat dialog optimalisasi penyaluran KUR dalam peningkatan kesejahteraan dan pemulihan ekonomi Kota Ambon di lantai II Swiss-Belhotel, Senin (4/10).

Sementara dalam penyerapan KUR di Maluku, sebutnya, per 27 September 2021 sudah mencapai angka sebesar Rp,768,051 miliar kepada kurang lebih 26,860 debitur. Dengan sektor terbesar ada pada sektor perdagangan dengan persentase 55,70 persen, sektor biasa 19 persen dan pertanian 13 persen.

Baca juga: Pemkot Diminta Usul RSUD ke Kemenkes RI

Untuk Kota Ambon, per 1 Oktober penyerapan KUR sebanyak 131,6 miliar, kepada 481 debitur dan terbesar ada pada sektor perdagangan 54,26 persen, jasa 36,7 persen dan pertanian 3,4 persen.

Dalam kesempatan itu, Airlngga juga juga memberikan secara simbolis kepada 13 debitur penerima KUR kepada 13 dengan jumlah Rp 1,3 miliar yang dicapai dalam kuran waktu 3 hari pada, BNI, BRI dan Bank Mandiri. (RHM)

Comment