by

Akademik Anak Menurun Karena Daring

beritakotaambon.com – Nilai akademik anak menurun, akibat Proses Belajar Mengajar (PBM) yang dilakukan secara Daring.

Kepala SMP Negeri 7 Ambon, Hasan Tuahuns, mengatakan, guru kesulitan menilai pemahaman siswa terhadap materi lewat PBM Daring.

“Ada perbedaan yang signifikan sebelum pandemi dan saat pandemi. Lewat Daring, guru menjadi sulit menilai sejauh apa siswa sudah paham materi. Siswa bisa saja mencari materi di google dan menyelesaikan tugas, tapi belum tentu dia paham 100 persen,” ucapnya.

Tatap muka, akuinya, lebih efektif untuk perkembangan pengetahuan siswa. Dengan PBM Daring, siswa dituntut untuk tetap ikut pembelajaran tanpa memahami materi dengan baik.

Baca juga: Sekolah Tunggu Intruksi PTM

“Tentu berbanding terbalik dengan tatap muka yang lebih efektif bagi anak. Dengan Daring seperti ini, tidak ada ketercapaian kurikulum dengan baik. Yang penting anak bisa, jalan dan diberikan pembelajaran,” tambahnya.

Tuahuns berharap, agar dengan dukungan berbagai pihak untuk menaati protokol kesehatan. Sehingga angka terpapar Covid-19 berkurang, agar PTM bisa dilakukan.

“Harapan saya, dengan dukungan dari semua lini pendidikan, dalam hal ini guru, orang tua, dan masyarakat, kita bisa taat protokol yang berlaku. Dengan demikian angka terpapar Covid-19 bisa berkurang dan sekolah diijinkan tatap muka,” tutupnya. (BKA-1)

Comment