by

Akibat Corona, Penghasilan Pedagang Menurun

beritakotaambon.com – Sejak Covid-19 melanda Maluku di tahun 2020 lalu, khususnya Kota Ambon, sangat berdampak terhadap pada penghasilan pedagang. Bahkan para pedagang lebih dipersulit dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III yang masih berlaku hingga kemarin.

Salah satu pedagang mie ayam dan bakso, Mas Kentus, kepada media ini mengaku, sangat merasakan dampak sejak pandemi Covid-19. Pasalnya, omset dari hasil penjualannya sangat berbeda jauh bila dibandingkan dengan kondisi normal.

Baca juga: Stok Telur di Transit Passo Terbatas

Sebelumnya, tutur Kentus, omset yang dihasilkan setiap hari berkisar Rp700.000 hingga Rp 1.000.000 per hari. Namun dengan kondisi Covid-19 hingga PPKM level III saat ini, omsetnya hanya bisa mencapai Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per hari.

“Memang dampak dari Covid-19 sangat dirasakan. Apalagi saat PPKM berlaku yang mengharuskan akitivitas jual beli ditutup lebih awal. Jadi PPKM disatu sisi, baik juga untuk putuskan penyebaran virus. Tapi disatu sisi, sangat berdampak negatif bagi pedagang kecil seperti kita ini,” beber Kentus, Selasa (17/8).

Kendati demikian, dirinya tetap bersyukur atas rejeki yang diperoleh. Karena Ia yakin, pandemi Covid-19 ini merupakan ujian dari Tuhan. Sehingga harus tegar menghadapinya.

Baca juga: Wawali : HUT RI Jadi Introspeksi

“Bersyukur saja. Sebab semua ini adalah ujian dari Sang Kuasa. Kita hanya berdoa dan berharap, semoga pandemi ini segera berakhir. Agar semua aktivitas dapat berjalan seperti biasanya lagi,” harapnya. (LAM)

Comment