by

Aktivitas ASN Pemkot Belum Maksimal

Ambon, BKA- Meski telah selesai masa liburan Tahun Baru 2021, aktivitas kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Ambon belum maksimal. Sekitar 97 persen ASN yang baru berkantor, dan sisanya masih bekerja dari rumah sesuai kebijakan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Tadi itu yang diwajibkan masuk hanya eselon II, III dan IV. Tentunya ini sangat berkaitan dengan perkembangan Covid-19 yang ada di Kota Ambon,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ambon, Benny Selano, kepada wartawan, Senin (4/1).

Ditanya kapan seluruh ASN dapat beraktivitas seperti biasanya, Benny mengaku, masih menunggu instruksi dari walikota.

“Belum tau. Kita tunggu perkembangan, karena belakangan ini masih tinggi. Tadi wajib masuk adalah eselon II, III dan IV untuk apel pagi sekaligus pengarahan kerja di tahun 2021. 97 persen. Mungkin ada 12 ASN yang izin karena alasan-alasan tertentu,” bebernya.

Benny juga menegaskan, apabila Walikota telah menginstruksikan seluruh ASN untuk masuk kantor, namun instruksi itu tidak diindahkan, maka ASN tersebut akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.
“Kalau sengaja tidak masuk akan tetap kita sanksi dengan teguran. Karena edaran kita sudah jelas dan eksklusif, itu sudah jelas. Untuk memperhatikan apa yang dia kerjakan dalam rangka pelayanan pembangunan kepada masyarakat kota,” tuturnya.

Ditambahkan, ada beberapa dinas lingkup Pemkot Ambon yang diwajibkan seluruh ASN untuk melakukan pelayanan.
Diantaranya, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Beberapa dinas yang diberikan kesempatan untuk pelayanan seperti Damkar, kemudian kesehatan ya badan bencana dan lingkungan hidup. Sebagian besar akan berkaitan dengan kebersihan kota itu,” tutup Benny.
(BKA-1)

Comment