by

Aktivitas Ekonomi Ditinjau Setelah Zona Kuning

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bakal meninjau aktivitas sosial ekonomi, jika kota bertajuk Manise ini telah berada dalam zona kuning penyebaran Covid-19. Sebab, kondisi Ambon saat ini masih berada pada zona orange.

“Kita akan tinjau aktivitas sosial ekonomi seperti biasa, apabila Ambon sudah di zona kuning, ” sebut Koordinator Fasilitas Bidang Kerja, Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Benny Sellano ketika dikonfirmasi wartawan, Sabtu (3/4).

Rencana peninjauan tersebut, kata dia, sudah disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy belum lama ini. Sehingga pihaknya harus menunggu sampai Ambon sudah berada pada zona kuning.

Menurut dia, Pemkot berencana akan memperpanjang aktivitas operasional kegiatan sosial ekonomi. Hanya saja, semua itu tergantung pada kondisi kedepan. Sebab, Covid-19 hingga kini, belum dapat ditekan secara maksimal.
Selanno berharap, masyarakat secara keseluruhan harus dapat sadar dengan pentingnya menjaga protokol kesehatan. Agar membawa ibukota provinsi Maluku ini masuk dalam zona kuning atau bahkan zona hijau. Sehingga semua harapan masyarakat terpenuhi.

“Masyarakat harus sadar. Semua itu untuk kebaikan kita bersama. Kalau semua sudah sadar dengan protokol kesehatan ketika berada beraktivitas diluar rumah, maka itu akan berdampak pada skoring zonasi. Mungkin masuk zona kuning atau ke hijau,” jelasnya.

Benny yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ambon menambahkan, pihaknya saat ini sementara berusaha menekan angka kematian pasien Covid-19. Sebab angkat tersebut, sangat mempengaruhi penurunan skoring zonasi.

“Selama ini, yang bikin Ambon turun naik dari zona merah ke orange, orenge ke merah itu karena angka kematian pasien Covid-19. Untuk itu kita harus upaya menjaga jangan sampai angka itu naik,” harapnya. (IAN)

Comment