by

Aleg Positif Corona, DPRD Swab Massal

Ambon, BKA- Pasca satu anggota DPRD Kota Ambon dari Fraksi Nasdem, NP, dinyatakan positif Covid-19, Sekretariat DPRD langsung melakukan swab massal. Anehnya, uji swab itu lebih dikhususkan bagi pegawai Sekretariat DPRD. Sementara dari 34 anggota DPRD lainnya, baru beberapa yang melakukan swab.

Anggota DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally, saat dikonfirmasi terkait swab massal tersebut mengaku, swab massal dilakukan oleh Sekretariat DPRD untuk para pegawai maupun anggota DPRD yang ada.


“Benar, tadi (kemarin) DPRD Ambon pertama melakukan swab, dan ini perdana setelah ada indikasi. Ini diikuti seluruh PNS Sekretariat DPRD dan anggota DPRD sendiri. Dan kemarin telah dilakukan penyemprotan cairan desinfektan di kantor DPRD,” ungkap Wally, kepada koran ini, Jumat (11/12).

Diakuinya, dari 34 anggota DPRD yang tersisa, baru beberapa anggota yang telah melakukan uji swab tersebut. “Harusnya untuk semua anggota DPRD dan PNS di Sekretariat Dewan, tapi baru sebagian anggota DPRD. Padahal sebagai representasi masyarakat, DPRD harus uji swab agar menjadi contoh bagi masyarakat. Karena tujuan swab ini, agar kita ketahui diri masing-masing orang apakah dirinya itu ada terdapat bakteri atau virus corona atau tidak, sehingga kita bisa antisipasi,” pungkasnya.


Anggota dua periode ini juga berharap, seluruh anggota DPRD kota Ambon harus menjalani swab. Pasalnya, sebagian besar baru selesai melakukan kunjungan kerja dari kota Bogor dan Manado. “Untuk teman-teman yang melakukan perjalanan dinas harus di swab, supaya bisa mengetahui hasilnya,” pesannya.

Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, saat ditemui wartawan, turut membenarkan hal tersebut. Dikatakan, swab tes yang dilakukan di DPRD, karena diketahui ada salah satu anggota DPRD yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga sangat perlu untuk dilakukan swab tes terhadap seluruh anggota DPRD maupun pegawai sekretariat DPRD.

“Kita jalani ini untuk mengantisipasi lebih dini terhadap penyebaran Covid di Kota Ambon. Karena, kalau ada yang positif, tentu kita harus memproteksi diri,” tandas Elly, usai menjalani swab.

Politisi Golkar ini mengaku, anggota DPRD yang terpapar Covid sementara dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Haulussy Kota Ambon. Ia memastikan, anggota DPRD yang terpapar Covid tersebut dalam keadaan baik-baik saja.

“Semoga yang bersangkutan bisa menjalani masa karantina dengan baik. Dan baru sembilan anggota DPRD yang menjalani swab tes. Sedangkan untuk pegawai sekretariat seluruhnya telah menjalani swab. Kami harap, semuanya berjalan baik dan hasil swab itu negatif,” harap Toisuta.

Sekedar tahu, sebelum dilakukan swab test massal, para pegawai Sekretariat telah melakukan penyemprotan cairan desinfektan di seluruh ruangan gedung DPRD Kota Ambon. Dan swab test massal akan kembali dilakukan pada Senin pekan depan, terhadap 25 anggota DPRD yang belum menjalani swab. (UPE)

Comment