by

Amahusu Tunda Program Hingga Penetapan Saniri

Ambon, BKA- Terkendala belum memiliki Saniri, Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe sementara menunda program kerja tahun 2021. Demikian disampaikan Sekertaris Negeri Amahusu, Nick Hengky Silooy, saat dihubungi koran ini, Rabu (3/3).

“Salah satu syarat cairnya dana desa itu APBDes. Nah APBDes itu dia bermuara dari RKP. Dan RKP ini harus di sahkan oleh Saniri. Jika belum ada Saniri maka program belum bisa di jalankan,” terang Silooy.

Ia menjelaskan, untuk program kerjanya sudah ada dari hasil Musrembang. Hanya saja, program dimaksud belum bisa dijalankan, lantaran belum ada penandatanganan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) oleh Saniri.

“Programnya itu pembangunan dan pemberdayaan. Untuk pemberdayaan itu ada program BLT dana desa, penanganan Covid-19. Sedangkan pembangunan itu ada jalan setapak dan beberapa pembangunan lainnya. Kemudian ada juga program kesehatan, seperti penanganan stunting,” jelasnya

Dalam waktu dekat, sambung dia, pihaknya akan melakukan proses pemilihan dan penetapan Saniri baru untuk menandatangani RKP. Sehingga seluruh program yang telah ditetapkan dapat dijalankan sesuai hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang).
j
“Persiapan pemilihannya sudah kita lakukan. Tinggal tunggu penentuan proses pemilihannya saja yang masih kita rembuk bersama untuk menentukannya,” tutup Silooy. (BKA-2)

Comment