by

Ambon Diupayakan Jadi Kota Layak Anak

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sedang berupaya untuk menjadikan Ibukota Provinsi Maluku ini sebagai Kota Layak Anak. Targetnya kapan, belum dapat dipastikan. Namun hal tersebut akan dibahas dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, hari ini secara virtual.

“Tahap pertama kita akan lakukan besok (hari ini),” ungkap, Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan, Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon, Meggy Lekatompessy, Kamis (3/6).
Pembahasan dimaksud, terang dia, menyangkut verifikasi lapangan. “Ini yang menjadi tahapan kita pertama. Pasti akan berkelanjutan untuk Ambon jadi Kota Layak anak,” ucapnya.

Meggy mengaku, segala persiapan untuk menghadapi verifikasi lapangan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, telah disiapkan oleh pihaknya. “Kita sudah siapkan untuk tahap pertama,” sebut dia.

Untuk Ambon sebagai Kota Layak Anak, sambung dia, bukan saja yang akan dituntaskan pihaknya. Tetapi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan turut membantu. Yakni dinas pendidikan, dinas kesehatan, dinas sosial dan dinas terkait lainnya.

Dijelaskan, untuk mewujudkan kota bertajuk Manise ini sebagai Kota Layak Anak, pihaknya bertugas dalam menghimpun data-data per OPD terkait dengan perlindungan dan pemberian hak anak. Sehingga diharapkan, masyarakat bisa mendukung upaya Pemerintah Kota Ambon.

“Dengan begitu, tujuan dimaksud akan berjalan lancar aman dan baik. Kita butuh doa dari semua pihak, termasuk masyarakat,” harapnya. (IAN)

Comment