by

Ambon Terapkan Kampung Iklim

Ambon, BKA- Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, Lucy Izack telah menerapkan kampung iklim di Kota Ambon. Hal ini diupayakan sesuai program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Lucy menjelaskan, tujuan utama dari program kampung iklim adalah membuat masyarakat di perkampungan bisa menjaga lingkungan dengan suasana maupun situasi.

“Program kampung iklim ini dimaksudkan, untuk masyarakat mulai dari daerah kampung itu bisa menjaga adaptasi dan mitigasi perubahan iklim,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, ada dua aspek masuk dalam program tersebut. Yakni kategori pengelolaan sampah dan pesisir. Sementara itu, sambugnya, Kelurahan Ahusen di Kota Ambon memiliki nilai tertinggi se Maluku yang masuk dalam kampung iklim.

“Nah, di Ahusen ini masuk kriteria pengelolaan sampah. Dan Maluku ada tiga kampung iklim yang masuk. Kelurahan Ahusen dari Kota Ambon, yang dua dari Maluku Tengah yaitu Haruku dan Amahei. Tapi untuk sementara Ahusen punya nilai masih tinggi, 94,53. Jadi Ahusen saat ini jadi calon peserta Kampung Iklim dari KLHK yang melakukan verifikasi terkahir,” paparnya.

Lucy menyebutkan, Kampung Iklim tersebut untuk mempersiapkan masyarakat agar bisa menjaga kebersihan di kampung dengan cara adaptasi dan mitigasi.

“Misalnya kalau mitigasi, bagaimana terjadi bencana banjir, apa yang harus dibikin. Nah disinikan ada itu, resapan diaporidiapori. Ini salah satu mitigasi yang mereka lakukan,” tutupnya. (BKA-1)

Comment