by

Ambon Turun Zona Kuning

beritakotaambon.com – Jubir Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz mengaku, Ibukota Provinsi Maluku telah masuk zona kuning penyebaran Covid-19. Ini sesuai rilis Kementerian Kesehatan RI, per 22 Agustus 2021 yang mengalami tren peningkatan poin sebesar 0.40 dari minggu sebelumnya, sehingga skor mencapai 2.68.

Menurut Joy, turunnya Ambon ke zona kuning, sudah diprediksi sebelumnya. Sebab, saat berada pada zona orange minggu lalu, skor kota Ambon 2.28 poin, hanya terpaut 0.12 poin dari zona kuning.

“Tentunya kita optimis jika kondisi ini tetap bertahan. Minggu ini kita dapat masuk ke Zona kuning. Untuk itu Tim Satgas tetap memberikan himbauan kepada masyarakat untuk memberi dukungan terhadap vaksinasi, dan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” terang Joy, kepada wartawan, Rabu (25/8).

Baca juga: Pengawasan JMP Bukan Kewenangan Pemkot

Joy yang juga menjabat Kepala Dinas Kominfo-Persandian menyebutkan, penurunan kasus positif dan angka kematian memberi pengaruh signifikan terhadap skor zonasi Kota Ambon. Bahkan hal tersebut turut berdampak pada tutupnya dua dari tiga RS Lapangan, yang dioperasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Penutupan dua RS Lapangan Pemkot Ambon menjadi pertanda positif. Hal itu menunjukan bahwa angka kesembuhan semakin tinggi. Disamping itu, angka kematian juga semakin berkurang,” tandasnya.

Ia menambahkan, Ambon masuk zona kuning menjadi angin segar bagi upaya pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat, seiring dengan kelonggaran yang diberikan ke masyarakat maupun pelaku usaha dalam perpanjangan PPKM Mikro Level 3 di Kota Ambon, mulai 24 Agustus hingga 6 September 2021 mendatang. (IAN)

Baca juga: Anak Jalanan Akan Divaksin Covid-19

Comment