by

Ambon Zona Orange, PSBB Transisi Lanjut

Ambon, BKA- Setelah berpindah ke zona merah (tinggi) penyebaran Covid-19, Kota Ambon kembali berada pada zona orange (rendah). Pemerintah Kota Ambon bahkan ingin memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi tahap VII ke tahap VIII pada pekan depan.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, ketika masuk dalam PSBB transisi tahap VIII, Pemerintah Kota akan memberikan kebijakan yang bersifat mudah bagi beberapa sektor. Namun, dirinya belum mau membeberkan beberapa sektor tersebut. “Nanti besok baru saya kasih keterangan Pers. Terkait sektor-sektor apa saja,” ungkapnya, kepada wartawan, Rabu (21/10).

Dikatakan, Kota Ambon telah keluar dari zona merah ke zona orange. Dan dirinya sangat mengapresiasi kinerja Gustu Covid-19. Karena dengan upaya Gustu dapat membawa Ambon masuk Zona Orange.

Hal senada juga ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy. Ia mengatakan untuk ketiga kalinya Kota Ambon, kembali keluar dari zona merah ke zona orange, dengan scoring 1,93 dari scoring sebelumnya 1,72.

Disebutkan, sesuai pengumuman Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Nasional, Ambon di posisi Zona Orange sejak pekan kemarin. Sementara untuk tingkat kesembuhan di Kota Ambon sendiri, telah mencapai 2.244. Dan yang masih dalam perawatan berjumlah 646. Sedangkan pasien Covid-19 yang telah meninggal dunia sebanyak 32 orang.

Disinggung soal kematian dua pasien Covid-19 pada Selasa kemarin, apakah nantinya berpengaruh terhadap scoring zona, Wendy mengaku hal tersebut belum dapat dipastikan.

“Itu yang nanti kita lihat. Karena yang mempengaruhi zonasi itu ada tiga. Yang pertama itu angka positif pirit, kemudian angka kesembuhan, dan yang ketiga adalah angka kematian,” bebernya.

Menurut Wendy, semakin tinggi angka kesembuhan, dan semakin rendah angka kematian juga terkonfirmasi positif Covid-19, zonasi Kota Ambon akan lebih baik. Dan untuk menentukan PSBB transisi lanjut atau tidak, semua tergantung keputusan Ketua Gustu Covid-19 Kota Ambon yakni Walikota Ambon.

“Kesehatan hanya melakukan tugas manajemen epidemiologi. Kita sebanyak mungkin kita testing aktif testing. Kemudian masih tracking dan tritmen dan melakukan isolasi. Baik isolasi terpusat atau mandiri. Itu tiga Kesehatan seperti itu,” ucapnya.

Wendy berharap, kota Ambon bukan hanya keluar dari zona merah ke orange. Tetapi bisa sampai ke zona kuning hingga hijau.

“Kita berharap, perlahan tapi pasti dia akan semakin lebih baik. Sehingga tingkat pemutusan penularan di Kota Ambon ini semakin lebih rendah,” tutupnya. (BKA-1)

Comment