by

AN Berlaku Bagi Siswa SD dan SMP

Ambon, BKA- Proses Asesmen Nasional (AN) di Kabupaten Buru, berlaku bagi siswa Kelas VI Sekolah Dasar (SD) dan Kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran 2021. AN dalam hal ini asesmen kompetensi minimum dan survei karakter, sebagai pengganti ujian nasional (UN) yang berlaku sejak tahun ini.

Pasalnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2021, tentang Peniadaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, pada 1 Februari 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Abd. Rahim Umasugi mengatakan, sebenarnya ujian nasional itu awalnya bulan Juni dan Juli sudah dilaksanakan. Tetapi saat ini tidak bisa dilaksanakan lagi, karena telah diganti dengan Asesmen Nasional (AN).

“Iya, kalau ujian nasional biasa sudah persiapan. Tapi sekarang ujian nasional tidak ada, diganti dengan asesmen. Asesmen ini nanti jalan pada bulan September, Oktober,” tutur Umasugi, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/3).

Diakuinya, sesuai dengan apa yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait pelaksanaannya pada bulan September dan Oktober 2021.
“Kita di dinas ini tetap mengikutinya saja. Tapi ternyata asesmen juga ditunda sampai sekitar bulan September Oktober baru dilaksanakan dan berlaku untuk SD dan SMP,” ungkapannya.

Kata dia, asesmen nasional ini berlaku untuk kelas IX SMP yang dimana sebagian kelas yang menghadapi ujian. “Iya asesmen untuk kelas IX dan VI, kelas yang menghadapi ujian, tapi nanti kita lihat. Sementara untuk kelas V SD dan kelas VII SMP, merupakan kelas persiapan untuk menghadapi asesmen nasional,” bebernya

Dituturkan, pihaknya telah melakukan uji coba Asesmen Nasional pada Januari 2021 lalu di beberapa sekolah, salah satunya di SMP Negeri 45 Buru.
“Kami sudah uji coba asesmen di Kabupaten Buru, tapi tidak semua sekolah hanya 5 sekolah saja sebagai sampel saja dan ada juga di SD, uji coba itu dilaksanakan pada dua bulan lalu,” tutup Umasugi. (MSR)

Comment