by

AN Secara Teknis Diatur oleh Sekolah

Ambon, BKA- Sekolah kini menemui titik terang terkait teknis pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) yang akan diterapkan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) pada tahun 2021 mendatang.

Menurut Kepala SD Negeri 1 Latihan SPG, Corneles Moniharapon, mengatakan, Satuan Pendidikan (SP) yang akan mengatur Asesmen Nasional (AN) secara teknis. Bukan Dinas atau Kementerian. Pasalnya, AN yang menggantikan Ujian Nasional (UN) sepenuhnya dilakukan oleh sekolah.

“Ya. Untuk hal itu, sudah dikembalikan ke SP. Jadi sekolah yang mengatur teknis pelaksanaannya. Kita hanya butuh koordinasi dengan pihak terkait. Salah satunya, Dinas Pendidikan Kota Ambon,” ujar Moniharapon, Senin (2/11).

Kendati demikian, pihaknya belum dapat merincikan mekanismenya, karena belum tahu waktu penerapan asesmen tersebut. Lantaran, asesmen yang akan diterapkan pada 2021 ini menurutnya, dikhususkan untuk siswa kelas IV, VIII dan XI.

Sementara untuk penilaian, lanjut dia, nantinya berdasarkan keputusan kemendikbud, bahwa penilaian dilakukan oleh pihak sekolah terhadap siswa lewat portfolio, catatan-catatan detail mengenai siswa itu, penugasan-penugasan yang diberikan oleh guru, proyek melalui karangan, esai atau bahkan bisa melalui tes tertulis.

“Itu yang perlu dipelajari lanjut. Bahwa benar kita akan siapkan secara teknis. Tapi perlu juga bekerjasama dengan dinas. Agar AN ini dapat berjalan sesuai harapan. Karena yang kita ketahui, tujuan dari AN ini sendiri adalah untuk pemetaan kualitas pendidikan yang nyata di lapangan untuk menjadi dasar peningkatan kualitas pendidikan,” ungkapnya.

“Dimana, dengan hasil AN itu, akan menjadi tolok ukur, apakah AN berdampak atau berkesinambungan. Disitu, dapat menilai, apakah AN layak dilaksanakan kembali pada tahun 2022 atau tidak. Itu sebabnya, teknisnya nanti sekolah yang atur,” tutupnya. (LAM)

Comment