by

Anak Jalanan Akan Divaksin Covid-19

beritakotaambon.com – Setelah lakukan vaksinasi Covid-19 ke sebagian anak berusia 12-17 tahun, Pemerintah Kota Ambon lewat Dinas Sosial telah melakukan pendataan terhadap anak-anak jalanan di kota bertajuk Manise ini untuk divaksin.

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, Nurhayati Jassin mengaku, sesuai data terakhir tahun 2020 yang dimiliki, ada sebanyak 300 anak jalanan. Jumlah ini termasuk anak jalanan yang datang dari luar kota/kabupaten lainnya.

Sehingga pihaknya sedang mendata, anak jalanan yang sudah berusia 12 tahun keatas agar divaksin Covid-19.

“Jika anak jalanan yang sudah berumur diatas 12 tahun, pasti akan divaksin,” terang Jassin, kepada BeritaKota Ambon, di Balai Kota, Rabu (25/8).

Menurut dia, sesuai petunjuk dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI, anak jalanan usia 18 tahun bisa mengikuti progam vaksinasi.

“Sekitar 300 anak jalanan. Itu data terkahir yang ada di kita. Kalau di Kementerian Sosial data anak yang bisa vaksin itu sampai 18 tahun,” sebutnya.

Baca juga: SMP 7 Bahas Vaksinasi Dengan Orangtua

Dijelaskan, pihaknya akan segera melihat data anak jalanan yang bisa menerima vaksin tersebut. “Tinggal kita lihat nanti anak jalanan yang terdata di Dinas Sosial sudah umur berapa tahun. Nah, kalau diatas 12 tahun pasti mereka akan divaksin,” tegasnya.

Dituturkan, jumlah anak jalanan yang terdata, sebagian ada yang bukan asli penduduk Kota Ambon. Sehingga harus dilakukan pengecekan oleh pihaknya.

“Banyak kan yang bulan penduduk asli dari Kota Ambon. Jadi kita harus melihat datanya lagi. Karena anak jalanan ini kadang banyak dan juga tidak,” ucap Jassin.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon untuk membicarakan hal tersebut. Sehingga anak jalanan bisa divaksinasi. Karena dengan divaksin, dapat membantu pemerintah meminimalisir angka terkonfirmasi positif Covid-19.

“Nanti kita koordinasi dengan Dinas Kesehatan. Bagusnya seperti apa. Kan vaksin anak juga masuk dalam rangka HUT Kota Ambon,” tutupnya. (IAN)

Comment