by

Anak LPKA Diasah Berbahasa Inggris

AMBON-BKA, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon mengasah kemampuan dasar anak dalam berbahasa Inggris, di ruang kelas LPKA Ambon, Kamis (12/8). Belasan anak LPKA ini, sengaja dilatih agar dapat mengembangkan kemapuan yang dimiliki.

Hadir sebagai pemateri, Nisa FA. Rahman, yang juga merupakan salah satu petugas LPKA Ambon bidang registrasi. Dalam kelas itu, dia memberikan materi kemampuan dasar berbahasa Inggris, seperti bentuk kata (tenses), mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking).

Menurut Nisa, segala sesuatu harus dimulai dari dasar, termasuk belajar Bahasa Inggris. Jika sudah mengetahui dan memahami dasar-dasar bahasa Inggris dengan baik, maka akan lebih mudah untuk mempelajari bentuk kalimat yang lebih kompleks.

Baca juga: Kemenkumham Maluku Siap Hadapi TPN

“Semoga anak dapat memahaminya dengan baik, mulai dari mempelajari bentuk kata dasar, kalimat, cara pelafalan, dan cara penulisan. Bahasa Inggris memang cukup rumit bila pemahaman dasarnya kurang baik. Namun bila mereka sudah paham betul, Bahasa Inggris akan terasa jauh lebih mudah,” terang Nisa, lewat rilis Humas Kemenkumham Maluku, kepada media ini.

Salah satu Anak LPKA, BL mengaku, sangat antusias mengikuti kegiatan belajar tersebut. Sebab dapat mengetahui kemampuan dasar dalam berbahasa Inggris yang baik dan benar. “Saya akan pergunakan waktu kosong saya di wisma untuk berlatih mengenal bentuk kata, membaca, menulis, mendengar, dan berbicara,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala LPKA Ambon, Catherian V. Picauly mengatakan, proses pembelajaran yang dilaksanakan itu, bertujuan agar anak mendapatkan pengalaman dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, maupun sikap yang sudah dipelajari.

“Anak di LPKA Ambon meski sementara menjalani masa pembinaan, mereka tetap mendapatkan pendidikan dan berbagai keterampilan yang dapat menjadi bekal ketika mereka kembali ke masyarakat,” pungkas Catherian. (UPE)

Comment