by

Anggaran BLT Desa Samalagi Sebesar Rp 298,8 Juta

Untuk tahun 2021, Pemerintah Desa (Pemdes) Samalagi, Kecamatan Waplau, menyediakan anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 298,8 juta.

Besaran angka tersebut dihitung berdasarkan jumlah penerima manfaat yang sudah ditetapkan melalui hasil musyawarah desa atau musdes pada Februari lalu, dengan jumlah sebanyak 83 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


“Besaran anggaran yang dialokasikan dari dana desa yang diperuntukan bagi BLT tahun 2021 ini, sebesar Rp 289. 800.000 untuk 83 KPM,” ungkap Kepala Desa (Kades) Samalagi, Hamzah Malawat, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (4/5).

Penyaluran BLT DD ini merupakan salah satu program yang harus diprioritaskan di tahun 2021, guna membantu perekonomian masyarakat selam masa pandemi covid-19.

Untuk itu, dia menambahkan, program desa yang berupa pembangunan fisik dan pemberdayaan yang berbentuk lainnya, akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran dana desa yang tersisa dari program BLT.

“Jadi BLT ini wajib disalurkan selama satu tahun. Makanya itu, BLT yang harus diutamakan dulu dengan bentuk penanganan covid-19 yang lain. Nanti kalau ada sisa anggaran dari itu, baru kita alihkan ke program yang lain,” ungkap Hamzah.

Untuk pencairan BLT DD, tetap akan dilakukan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang diperintahkan oleh aturan.

“Untuk pembagiannya nanti kita lihat prosedurnya, dan juga tergantung dari proses pencairan dana desa, apakah dia akan bertahap atau sekaligus, nanti kita lihat, ” Pungkasnya (MG-1).

Comment