by

Anggaran Covid-19 2021 Capai 20 Miliar

Ambon, BKA- Untuk tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah menyediakan Rp20 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk penanganan Covid-19 di Kota Ambon. Puluhan miliar anggaran ini sementara di tampung di Biaya Tak Terduga (BTT) Kota Ambon.

Puluhan miliaran anggaran ini, tidak sepenuhnya hanya digunakan untuk pelayananan tenaga kesehatan terkait pencegahan Covid-19, melainkan pada beberapa sektor seperti jaring pengaman sosial (JPS) dan peningkatan ekonomi serta belanja bahan yang bersifat untuk penanganan Covid-19.
Dimana anggaran tersebut, akan digunakan dalam kondisi yang sangat membutuhkan. Dan dipastikan tidak secara sembarangan digunakan.

“Kita berharap kalau Covid-19 ini semakin menurun, tenaga-tenaga juga sudah terbatas. Kita tidak terlalu menggunakan untuk itu,” ungkap Sekertaris Kota (Sekkot) Ambon, A. G Latuheru, kepada wartawan, Jumat (5/2).

Dia ingatkan, paling penting untuk penanganan Covid-19 hanya dengan kesadaran masyarakat dan seluruh pihak terhadap protokol kesehatan. “Dengan masyarakat bisa tata dengan protokol kesehatan, itu lebih baik dari segala-galanya dalam penanganan Covid-19,” ujarnya.

Disinggung soal anggaran Rp 49 miliar penanganan Covid-19 di tahun 2020, Latuheru menilai, anggaran tersebut sudah dimanfaatkan untuk tiga sektor. Yaitu, aspek kesehatan, jaring pengaman sosial dan pengembangan ekonomi.

“Kenapa tidak terbuka langsung ke publik pemanfaatannya ? karena pertanggungjawaban pemerintah kota ini tidak langsung ke publik tetapi melalui DPRD sebagai wakil rakyat,” pungkas Latuheru. (IAN)

Foto Suplemen Pemkot : Satgas Covid-19 lakukan Operasi Yustisi di kawasan Talake, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Jumat (5/1).

Comment